Untuk Peningkatan SDM Jangka Panjang, KNPI Minta Pemkab Tingkatkan Program Beasiswa

id Kotawaringin Timur, KNPI Kotim, KNPI sampit, Endra Rosana

Untuk Peningkatan SDM Jangka Panjang, KNPI Minta Pemkab Tingkatkan Program Beasiswa

Ilustrasi, Logo KNPI (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah meminta pemerintah provinsi dan kabupaten meningkatkan program beasiswa untuk membantu pelajar dan mahasiswa di kabupaten itu.

"Ini untuk peningkatan sumber daya manusia. Ini investasi jangka panjang karena generasi muda yang akan melanjutkan pembangunan. Harus disiapkan dari sekarang," kata Ketua KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana di Sampit, Kamis.

Endra menegaskan, animo anak muda di daerah itu sangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Tidak hanya di berbagai perguruan tinggi yang ada di Sampit, kini sangat banyak mahasiswa asal Kotawaringin Timur yang menimba ilmu di daerah lain.

Fakta di lapangan, kata dia, keterbatasan ekonomi keluarga membuat banyak pelajar yang tidak mampu kuliah. Tidak sedikit pula mahasiswa yang terpaksa berhenti karena alasan yang sama, yakni himpitan ekonomi.

Animo untuk melanjutkan pendidikan ke progran Strata Dua atau S2 juga cukup tinggi. Endra berharap ini bisa didukung pemerintah daerah dengan membantu beasiswa hingga mereka selesai kuliah.

"Dulu Kotawaringin Timur mampu membantu beasiswa S2 hingga 20 orang tiap tahun. Saya tidak mengerti juga kenapa dulu bisa tapi sekarang tidak bisa. Kami sangat berharap pemerintah daerah memperhatikan ini," kata Endra.

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan bantuan untuk pelajar dari keluarga kurang mampu. Harapannya agar tidak ada anak di daerah itu yang putus sekolah karena alasan ekonomi.

Terkait beasiswa untuk proram S1 dan S2, Supian mengatakan bahwa keinginan pemerintah juga sangat besar untuk bisa membantu. Pemerintah berupaya mencari cara agar bantuan bisa diberikan tanpa melanggar aturan.