Satu Orang Jama'ah Haji Barsel Meninggal Dunia Di Madinah

id Barito Selatan, satu jamaah haji meninggal, Satu Orang Jama'ah Haji Barsel Meniggal Dunia Di Madinah, Kita berharap keluarga almarhumah sabar dan tab

Satu Orang Jama'ah Haji Barsel Meninggal Dunia Di Madinah

Almarhumah Siti Maskanah Binti Djumbrie (Kanan) bersama putra bungsunya pada saat diberangkatkan dari Masjid Agung Baiturrahman Buntok pada tanggal 20 Agustus 2016 lalu. (Ist)

...Kita berharap keluarga almarhumah sabar dan tabah menghadapi semua ini,"
Buntok (Antara Kalteng) - Satu orang jama'ah haji atas nama Siti Maskanah binti Djumbrie (66) yang tergabung dalam kloter 13 asal kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah meninggal dunia di Madinah.

"Siti Maskanah binti Djumbrie meninggal dunia pada hari Jumat (26/8) sekitar pukul 12.00 waktu setempat di Rumah Sakit Madinah," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama Barsel, Arbaja, di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, meninggalnya satu orang jama'ah haji Barsel tersebut informasi awalnya dari keluarga Siti Maskanah dan setelah itu pihaknya menghubungi ketua kloter 13 untuk memastikannya.

"Memang pada saat diberangkatkan dari Buntok, kondisinya agak sakit. Kita berharap keluarga almarhumah sabar dan tabah menghadapi semua ini," ucap Arbaja ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Selain itu ia juga menyampaikan, berdasarkan informasi yang didapatkan pihaknya dari ketua kloter 13, kondisi kesehatan jama'ah haji Barsel lainnya dalam keadaan sehat wal a'fiat.

"Jama'ah haji Barsel saat ini sedang melaksanakan Arba'in dan sudah mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Madinah," tambah dia.

Ia mengatakan, adapun jumlah jama'ah haji Barito Selatan yang diberangkatkan beberapa waktu lalu sebanyak 56 orang dan satu orang telah meninggal dunia di Madinah.

"Jama'ah haji Barsel merupakan gelombang pertama yang masuk dalam kloter 13, dan tergabung bersama jama'ah haji dari kabupaten Kotawaringin Timur, Lamandau, Seruyan, Pulang Pisau dan Murung Raya," kata dia.

Sementara salah seorang anak almarhumah Siti Maskanah, Jally ketika dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan informasi meninggal dunia ibunya itu setelah di telepon ayahnya yang juga menunaikan ibadah haji.

"Ibu saya meninggal dunia sekitar jam 12.00 waktu setempat atau sekitar jam 16.00 WIB di Balai Pengobatan Haji Indonesia di Madinah dan sudah dimakamkan diwilayah pemakaman Baqi Madinah," ujar putra bungsu almarhumah Siti Maskanah itu.

Menurut dia, pada saat berangkat dari Buntok, memang kondisi ibunya agak kurang sehat. Meskipun demikian, dokter yang merawatnya telah mempersilahkan berangkat menunaikan ibadah haji karena kesehatan ibundanya sudah membaik dari sebelumnya.

"Akan tetapi Allah berkehendak lain. Kami mengikhlaskan kepergiannya dan semoga ibunda kami Siti Maskanah mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT," kata Jally yang bekerja sebagai perawat di RSUD Jaraga Sasameh Buntok itu.