Sayang, Kepedulian Masyarakat Tanggulangi Karhutla Masih Rendah, Ini Kata Dandim

id kotawaringin timur, dandim sampit, kebakaran lahan, karhutla

Sayang, Kepedulian Masyarakat Tanggulangi Karhutla Masih Rendah, Ini Kata Dandim

Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf I Gede Putra Yasa (tengah) Kapolres Kotim AKBP Hendra Wirawan (kanan) dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Sutoyo usai rapat koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Sabtu (27/8/2016). (Foto

Sampit (Antara Kalteng) - Komandan Kodim 1015 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Kalteng, Letkol Inf I Gede Putra Yasa, menyayangkan kepedulian sebagian masyarakat masih rendah untuk turut menanggulangi kebakaran lahan.

"Beberapa hari lalu saat saya pulang dari Palangka Raya, ada kebakaran lahan di sisi jalan. Saya bersama sopir turun memadamkan api dengan peralatan seadanya. Banyak orang lalu lalang hanya melihat, tapi tak ada satupun yang membantu memadamkan api," kata Gede di Sampit, Senin.

Saat itu, dia dan sopirnya lebih dari setengah jam memadamkan api. Kebakaran itu diduga sudah berlangsung lama karena sedikitnya lahan seluas 30x8 meter dilalap api.

Gede mengaku prihatin dengan kejadian itu. Menurutnya, seharusnya masyarakat peduli dan turut membantu mencegah kebakaran lahan dan kabut asap parah seperti tahun lalu kembali terjadi.

Kabut asap tahun lalu membuat aktivitas masyarakat nyaris lumpuh. Kesehatan masyarakat juga terganggu. Pengalaman pahit itu seharusnya menjadi pelajaran agar tidak terulang lagi.

"Kita harus sepakat bahwa Kalimantan Tengah jangan sampai dilanda kebakaran lahan lagi. Kalau kita semua peduli dan berkomitmen, saya yakin kebakaran parah dan kabut asap bisa kita cegah," tegas Gede.

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Hendra Wirawan juga mengajak masyarakat peduli dan membantu pemerintah kecegah serta menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah tidak akan mampu menanggulangi masalah ini tanpa bantuan masyarakat.

"Kalau ada kebakaran, mari kita padamkan. Jangan selalu menunggu petugas pemadam. Kalau memang tidak bisa memadamkannya, minimal masyarakat menunjukkan kepedulian dengan melaporkannya ke Polsek atau Koramil terdekat supaya tim bisa langsung turun ke lokasi memadamkan api," kata Hendra.

Dia memperingatkan masyarakat untuk tidak membakar lahan. Jika ada yang nekat membakar lahan, pihaknya akan bertindak tegas dengan menangkap dan memprosesnya sesuai aturan hukum yang berlaku.