Distanak Jamin Stok Hewan Kurban Di Kalteng Aman

id Kalimantan Tengah, Distanak Kalteng, hewan kurban, Distanak Jamin Stok Hewan Kurban Di Kalteng Aman

Distanak Jamin Stok Hewan Kurban Di Kalteng Aman

Hewan Kurban (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kalimantan Tengah menjamin stok hewan kurban baik sapi maupun kambing menjelang Hari Raya Idul Adha, aman

Hewan kurban khususnya sapi untuk Idul Adha tahun ini diperkirakan jumlahnya berkisar 3.831 ekor sedangkan stoknya mencapai 7.990 ekor, kata Kepala Distanak Kalteng Tute Lelo melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dameriyani N Purba di Palangka Raya, Selasa.

"Kita juga akan melakukan pengecekan tujuh hari sebelum Idul Adha, apakah permintaan hewan kurban lebih dari perkiraan atau tidak. Biasanya tujuh hari sebelum Idul Adha sudah diketahui berapa hewan kurban yang dipesan," tambahnya.

Berdasarkan data Distanak Kalteng, permintaan hewan kurban saat Idul Adha hanya naik lima persen dari tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari permintaan hewan kurban tahun 2015 berkisar 3.648 ekor dan tahun 2014 kurang dari itu.

Dameriyani mengatakan selain memastikan ketersediaan, Distanak Kalteng juga berupaya keras memantau kondisi maupun kesehatan hewan kurban yang akan masuk ke seluruh Kabupaten/Kota.

"Kami sudah berkoordinasi dengan tim pengawas kesehatan hewan di kabupaten/kota agar memperketat pengawasan. Kita tidak ingin hewan yang akan dikurbankan bermasalah nantinya," ucapnya.

Kasi di Distanak Kalteng ini pun mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir atau langsung percaya dengan isu-isu terkait ketersediaan maupun kondisi hewan kurban menjelang Idul Adha.

"Kami menjamin stok hewan kurban cukup dan aman. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa berkurban saat Idul Adha. Untuk kesehatan sudah pasti akan diperhatiakn secara serius," demikian Dameriyani.