Kemenag Kalteng Pastikan Jamaah Calon Haji Sehat, Alhamdulilah!

id Kalteng, Kalimantan Tengah, Kemenag Kalteng, Pastikan Jamaah Calon Haji Sehat, Alhamdulilah, Abdul Halim H Ahmad

Kemenag Kalteng Pastikan Jamaah Calon Haji Sehat, Alhamdulilah!

Makkah al Mukarromah. (kemenag.go.id/foto: mkd)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Kalimantan Tengah memastikan seluruh jamaah calon haji (JCH) asal provinsi setempat sehat dan siap mengikuti puncak ibadah haji di Arafah.

"Informasi terakhir, di luar satu calon haji yang meninggal beberapa waktu lalu, seluruh jamaah asal Kalimantan Tengah dalam keadaan sehat," kata Kepala Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Tengah Abdul Halim H Ahmad melalui Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Ubaidillah di Palangka Raya, Rabu.

Ubai mengatakan, saat ini seluruh jamaah calon haji asal Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini sedang melakukan persiapan untuk mengikuti puncak haji pada Minggu (11/9).

Dia menambahkan, seluruh jamaah juga dalam keadaan sehat dan jika pun ada yang sakit itu bersifat ringan dan sebagian lainnya karena sakit bawaaan.

"Untuk yang sakit bawaan dan jamaah yang berusia lanjut tetap mendapat pendampingan dari petugas. Jika keadaan tetap seperti ini maka dapat dipastikan seluruh jamaah akan bisa mengikuti seluruh proses ibadah haji," katanya.

Selanjutnya dia pun mengimbau agar seluruh jamaah asal Kalimantan Tengah khususnya agar mempersiapkan dan menjaga kondisi fisiknya, terlebih proses ibadah haji juga memerlukan kondisi badan yang sehat.

"Kurangi kegiatan yang tidak perlu. Perbanyak minum air putih dan vitamin serta makan makanan bergizi. Kemudian jamaah juga agar selalu mengikuti arahan dan petunjuk petugas haji," katanya.

Sementara untuk keluarga yang ditinggal berhaji, Ubai meminta selalu mendoakan yang bersangkutan sehingga ibadah yang dilaksanakan semakin khusyu, lancar dan selamat hingga akhirnya kembali ke rumah dan menjadi haji mabrur.

Petugas Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kalimantan Tengah, Ismail Marzuki juga memastikan seluruh jamaah Kalteng dalam kondisi sehat.

"Kecuali satu jamaah asal Kalteng yang dipastikan meninggal di Madihan beberapa waktu lalu, seluruh jamaah dalam kondisi yang baik," kata Ismail.