Cetak E-KTP di Lamandau Capai 90 Persen

id lamandau, e-ktp, cetak e-ktp, disdukcapil lamandau

Cetak E-KTP di Lamandau Capai 90 Persen

Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau Adi Kusuma. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Kami kan tidak hanya mengejar target cetak E-KTP, tapi juga kartu keluarga, akte kelahiran, akte perkawinan maupun kematian
Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamandau per Agustus 2016 telah mencetak 50.459 atau 90 persen dari 57.609 wajib kartu tanda penduduk elektronik.

Cepatnya pencetakan E-KTP karena delapan kecamatan yang ada di wilayah ini dilibatkan melayani perekaman dan pencetakan, kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau Adi Kusuma di Nanga Bulik, Jumat.

"Sarana dan prasarana perekaman dan pencetakan KTP-El juga sampai sekarang ini masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan secara optimal digunakan. Hanya memang terkadang ada gangguan jaringan," tambahnya.

Walau telah mencapai 90 persen, namun Disdukcapil Lamandau mengharapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah segera merealisasikan reborn atau tinta pencetakan E-KTP agar sebelum 30 September bisa 100 persen.

Adi mengatakan, permintaan menambah tinta cetak E-KTP telah beberapa kali disampaikan ke Pemprov Kalteng, namun sampai sekarang ini belum juga direalisasikan, padahal ketersediaannya sudah semakin sedikit.

"Kami kan tidak hanya mengejar target cetak E-KTP, tapi juga kartu keluarga, akte kelahiran, akte perkawinan maupun kematian. Kami di Lamandau ingin semua masyarakat sudah memiliki administrasi kependudukan," singkat Adi.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Umum Pemprov Kalteng Ddamber Liwan mengatakan pencetakan E-KTP hingga Juli 2016 di provinsi setempat telah mencapai 80,72 persen atau berkisar 1.220.403 dari 1.678.249 wajib KTP.

Melihat data tersebut, Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota se-Kalteng diyakini mampu memenuhi target Pemerintah Pusat yang menginginkan pembuatan atau pencetakan E-KTP harus tuntas paling lambat 30 September 2016.

"Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng terus didorong agar melakukan jemput bola terhadap penduduk yang kesulitan membuat E-KTP," kata Damber.