Kecewa... Pawai Takbiran di Kota Ini Diikuti Satu Peserta

id barito selatan, pawai takbiran di buntok, smpn 1

Kecewa... Pawai Takbiran di Kota Ini Diikuti Satu Peserta

Satu peserta yakni SMP 1 Dusun Selatan yang mengikuti pawai malam takbiran, Minggu (11/9/2016). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pawai takbiran memeriahkan malam Idul Adha 1437 Hijriyah di kota Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah hanya diikuti satu peserta.

Pantauan Antara, minggu malam, pada saat pelepasan peserta pawai takbiran di Jalan Tugu oleh Bupati Barsel yang diwakili asisten II, Suhardi, pesertanya hanya rombongan dari SMP -1 Dusun Selatan.

Sedangkan untuk peserta dari sekolah lain maupun pengurus masjid serta langgar berada di kota Buntok yang biasanya ikut pawai takbiran seperti tahun sebelumnya tidak ada.

Adapun rute pawai yang seharusnya ditempuh dimulai dari jalan Tugu, Jalan Teratai, Melati, Jalan Panglima Batur, Jalan Veteran Merdeka Raya dan kembali lagi ke Jalan Tugu, namun diubah.

Lantaran pesertanya hanya satu sekolah, rutenya pun diubah dari Jalan Tugu, Teratai, Melati, Jalan Patianom dan kembali ke Jalan Tugu depan taman Iring Witu Buntok.

Sedangkan ribuan yang penonton sudah berjejer disamping kiri maupun samping kanan kanan jalan pada rute yang biasanya untuk melihat iring-iringan pawai malam takbiran itu.

Ketika dikonfirmasi ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Barsel, Kalam Jihad terkait minimnya jumlah peserta mengatakan kegiatan ini dilaksanakan secara dadakan.

"Sebetulnya kegiatan ini diperlombakan, namun selama tiga tahun ini tidak pernah lagi dilombakan dan pawai ini kita laksanakaan untuk menyemarakkan malam Idul Adha," kata Kalam Jihad.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Antara dilapangan menyebutkan bahwa memang sebagian sekolah ada yang siap ikut menjadi peserta pawai, namun batal lantaran belum jelasnya kabar apakah kegiatan dilaksanakan atau tidaknya.

Sebagian warga yang sudah berjejer disepanjang rute awal pun merasa sangat kecewa lantaran setelah lama menunggu iring-iringan peserta pawai tidak melewati rute itu.