Bupati Ini Berharap Seluruh SKPD Bisa Ikut Meriahkan Pawai Tanglong

id Sukamara, Pemkab Sukamara, tanglong, Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Idul Adha

Bupati Ini Berharap Seluruh SKPD Bisa Ikut Meriahkan Pawai Tanglong

Bupati sukamara H Ahmad Dirman didampingi Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela ketua MUI sukamara maupun para Undangan saat melepas Peserta Lomba. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah H Ahmad Dirman berharap kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat bisa ikut memeriahkan pawai Tanglong Hari Raya Idul Adha 1437 H yang ada di daerah itu.

"Kedepan kita akan imbau agar seluruh SKPD dapat berpartisipasi untuk memeriahkan lomba pawai Tanglong ini," kata Dirman usai melepas lomba pawai tanglong dihalaman Masjis Al Aqsa Sukamara, Minggu malam.

Dirman mengatakan, kegiatan lomba pawai tanglong tersebut, pemerintah daerah menyambut baik kegiatan menyemarakan perayaan perayaan agama, hal ini sejalan dengan visi misi kepala daerah periode 2013 – 2018 yaitu mewujudkan kabupaten Sukamara yang aman, rukun, damai dan bersih sebagai pengejawatahan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Selain itu Dirman juga mengingatkan bahwa lomba yang dilaksanakan merupakan bagian dari sebuah sarana dalam menyiarkan agama Islam, oleh karena itu tujuan kegiatan  sesungguhnya adalah untuk bagaimana menjaga nilai-nilai takwa kepada Allah SWT yang dilengkapi dengan keikhlasan dan kecintaan baik kepada sang khalik maupun kepada sesama umat manusia.

"Sebagai masyarakat yang agamis, sudah seharusnya kita mencontoh keteladanan nabi Ibrahim As beserta keluarganya ketika menjalankan perintah Allah dengan ikhlas dan penuh keyakinan," ucap Dirman.

"Saya menghimbau agar dalam mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid dilakukan secara hikmad, laksanakanlah seluruh rangkai lomba secara tertib sehingga seluruh masyarakat yang menyaksikan juga turut merasakan syiar islam dilakukan malam takbir ini," pinta Dirman.

Sementara itu PHBI Sukamara Syaifudin Juhri mengatakan pada tahun ini lomba pawai tanglong dibagi menjadi tiga jatagori yaitu tingkat SD dan MI sederajat, tingkat SMP dan SMA sederajat, serta tingkat Umum yang diikuti oleh kelompok selawatan maupun pengajian serta pengurus masjid maupun surau yang ada.

"Untuk peserta yang mengikuti lomba pawai tanglong pada tahun 2016 sebanyak 28 peserta, dan para pemenang selain mendapat piala juga mendapat uang pembinaan," kata Syaifudin.