Pantai Ujung Pandaran Dipadati Wisatawan Lokal

id kotawaringin timur, ujung pandaran, pantai ujung pandaran

Pantai Ujung Pandaran Dipadati Wisatawan Lokal

Sehari usai Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, Pantai Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur dipadati wisatawan, Selasa (13/9/2016). Berbagai fasilitas permainan tersedia di pantai itu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Objek wisata Pantai Ujung Pandaran dipadati wisatawan lokal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sehari usai Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

"Mumpung suasana lebaran jadi dimanfaatkan liburan ke pantai. Saya kira sepi karena tidak ada libur panjang lebaran, tapi ternyata pengunjungnya banyak juga," kata Siska, pengunjung asal Kecamatan Baamang Sampit.

Pantauan di lapangan, objek wisata yang berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit tersebut dipadati ribuan pengunjung yang datang silih berganti sejak pagi sampai sore. Parkir kendaraan pun terlihat padat sepanjang jalan sekitar pantai.

Sebagian besar warga yang datang merupakan wisatawan lokal Kotawaringin Timur. Mereka menggunakan kendaraan pribadi, bahkan beberapa menggunakan kendaraan bak terbuka.

Setiap liburan, objek wisata andalan Kotawaringin Timur itu selalu dipadati pengunjung. Seperti saat libur lebaran Idul Fitri lalu, jumlah wisatawan yang datang lebih dari 60.000 orang.

Pengusaha pun berlomba-lomba memanfaatkan peluang dengan menyewakan penginapan. Penyewaan jetski dan banana boat juga terlihat ramai disewa pengunjung, sementara warga setempat banyak yang berjualan makanan.

Camat Teluk Sampit, Samsurijal mengaku senang karena pengunjung cukup banyak padahal tidak ada libur lebaran seperti saat Idul Fitri lalu. Ramainya pengunjung berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Pengunjungnya ternyata ramai juga. Saya lihat yang datang sebagian dari jauh juga," kata Samsurijal.

Suasana bertambah ramai karena Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran berkunjung ke pantai itu. Dia didampingi Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri serta Bupati Seruyan Sudarsono. Kesempatan itu tidak disia-siakan warga dan mereka ramai-ramai berfoto dengan kepala daerah mereka tersebut.