Pemerintah Pusat Diminta Bantu Pengembangan Pariwisata Kalteng

id Kotawaringin Timur, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Gubernur H Sugianto Sabran, Pantai Ujung Pandaran, Sudarsono, Supian Hadi, Seruyan, Kotim, samp

Pemerintah Pusat Diminta Bantu Pengembangan Pariwisata Kalteng

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (tengah) diapit Bupati Seruyan Sudarsono, Bupati Kotim H Supian Hadi dan Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri berfoto dengan warga saat meninjau Pantai Ujung Pandaran, Selasa (13/9/2016). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Pemerintah pusat harus ada perhatian kepada Kalimantan Tengah. Jangan hanya Bunaken atau lokasi lainnya yang terus diurus. Potensi pantai di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan juga begitu indah. Ini juga perlu dibantu,"
Sampit (Antara Kalteng) - Provinsi Kalimantan Tengah meminta kepada Pemerintah pusat untuk membantu secara serius pengembangan pariwisata di wilayah ini agar lebih maju seperti objek wisata daerah lain.

"Pemerintah pusat harus ada perhatian kepada Kalimantan Tengah. Jangan hanya Bunaken atau lokasi lainnya yang terus diurus. Potensi pantai di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan juga begitu indah. Ini juga perlu dibantu," kata Gubernur H Sugianto Sabran di Sampit.

Dia meninjau Pantai Ujung Pandaran didampingi Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri serta Bupati Seruyan Sudarsono. Pantai yang terletak 85 kilometer dari Sampit itu merupakan objek wisata andalan Kotawaringin Timur.

Sugianto menilai Pantai Ujung Pandaran di Kotawaringin Timur hingga Pantai Bakau di Seruyan, layak dikembangkan untuk mendongkrak sektor pariwisata. Pemerintah pusat diharapkan membantu upaya tersebut.

Potensi pariwisata Kalimantan Tengah tidak kalah dibanding daerah lain. Tidak hanya wisata alam seperti pantai dan hutan, provinsi ini juga kaya dengan wisata budaya, religi, kuliner dan hiburan.

Seluruh bupati dan wali kota diminta berani menyampaikan usulan program kepada pemerintah pusat, termasuk dalam hal pariwisata. Selanjutnya, biarkan pemerintah pusat membuat keputusan terhadap usulan tersebut.

Sugianto menegaskan komitmennya mendukung dan memacu pembangunan infrastruktur semua bidang di tiap kabupaten dan kota. Dia berharap pemerintah pusat juga serius membantu daerah.

"Kami sedang berusaha melibatkan swasta nasional masuk ke Kalteng supaya pengembangan pariwisata makin cepat. Tolong doakan juga, kalau APBD Kalteng naik maka kita bisa bantu lebih banyak," kata Sugianto.

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengatakan pihaknya bertekad menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Anggaran sekitar Rp100 miliar akan dialokasikan dengan sistem tahun jamak selama tiga tahun untuk meningkatkan sejumlah objek wisata.

"Ini juga sebagai antisipasi kalau terjadi pemekaran wilayah.

Selama ini kami mengandalkan sumber daya alam yang umumnya ada di kawasan Utara. Kami mempersiapkan Kotawaringin Timur menjadi daerah wisata, jasa dan pendidikan," kata Supian.

Bupati Seruyan, Sudarsono mengatakan, potensi pariwisata daerahnya sangat menjanjikan. Yakni potensi, pantai, danau, Taman Nasional Tanjung Puting dan budaya.

"Kendalanya adalah minimnya fasilitas karena keterbatasan dana. Itulah yang membuat kami masih berkutat pada penyiapan infrastruktur," kata Sudarsono.

Dia berterima kasih karena Gubernur sangat mendukung pengembangan pariwisata. Pihaknya juga berharap dukungan dai pemerintah pusat agar sektor pariwisata berkembang makin cepat.