Gubernur Kalteng Dukung Pengembangan Wisata Kotim-Seruyan

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Seruyan, Sudarsono, Pantai Ujung Pandaran

Gubernur Kalteng Dukung Pengembangan Wisata Kotim-Seruyan

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau objek wisata Pantai Ujung Pandaran di Kecamatan Teluk Sampit, Kotawaringin Timur, Selasa (13/9). (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kita mendukung rencana Kotim dan Seruyan yang ingin mengembangkan sektor pariwisata,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendukung pengembangan wisata bersama antara Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan.

"Kita mendukung rencana Kotim dan Seruyan yang ingin mengembangkan sektor pariwisata," kata Sugianto saat berkunjung ke objek wisata Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, Selasa.

Ia mengatakan, masalah pariwisata di Kotim dan Seruyan sudah dibicarakan dengan masing-masing bupati, dan selanjutnya kedua bupati harus sering berkoordinasi untuk menyampaikan rencana pengembangan pariwisata kepada instansi terkait di tingkat provinsi.

Dengan koordinasi tadi maka kita bisa tahu apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata baik di Kotim maupun Seruyan, katanya.

Ia menjelaskan, Kalteng yang terdiri dari 13 kabupaten dan satu kota memiliki potensi pariwisata yang begitu kompleks dengan keunggulannya masing-masing sehingga pengembangan pariwisata harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat.

Kemudian, gubernur berkewajiban mendukung dan mengkoordinir setiap rencana pengembangan sektor pariwisata yang akan dilakukan oleh bupati maupun walikota agar berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah untuk membantu pembangunan sektor lainnya.

"Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata serta sektor lain di wilayah barat yang terdiri dari Kobar, Kotim, Seruyan, Sukamara dan Lamandau, maka kita akan berupaya untuk memacu pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono menyampaikan, Kotim dan Seruyan merupakan dua kabupaten yang memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan.

Namun khusus di Seruyan, sektor pariwisata belum tergarap maksimal karena terbatasnya anggaran dan masih harus fokus pada pembangunan infrastruktur lain terutama jalan akses antar kecamatan mulai dari Kuala Pembuang hingga menuju perbatasan Kalimantan Barat sepanjang 500 kilometer.

"Kita memiliki banyak potensi mulai dari alam hingga kebudayaan. Namun, kita masih berkutat dengan penyiapan infrastruktur, karena itu untuk mengembangkan pariwisata di Seruyan sangat diperlukan dukungan dari pemerintah provinsi," katanya.