Pemkab Diminta Perhatikan Anggaran Pramuka

id Kotawaringin Timur, Sampit, Pemkab Diminta Perhatikan Anggaran Pramuka, Sipet Hermanto, Pramuka

Pemkab Diminta Perhatikan Anggaran Pramuka

HUT ke-55 Pramuka di Sampit Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi memberikan penghargaan kepada tiga Kwartir Ranting Pramuka Tergiat, Jumat (23/9/2016). Penghargaan itu diserahkan usai Apel Besar HUT ke-55 Pramuka. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diminta mengalokasikan anggaran yang mencukupi untuk kegiatan Pramuka di daerah itu.

"Tolong perhatikan dukungan alokasi dana untuk sarana maupun melaksanakan program Pramuka. Kebangkitan Pramuka menjadi momentum pembinaan generasi muda, jadi harus didukung semua pihak," kata Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, Sipet Hermanto di Sampit, Jumat.

Harapan itu disampaikan Sipet usai melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kotawaringin Timur yang diketuai Bupati H Supian Hadi. Kegiatan itu dirangkai dengan apel besar peringatan Hari Ulang Tahun ke-55 Pramuka.

Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka diisi oleh pejabat-pejabat penting eksekutif dan forum koordinasi pimpinan daerah. Mereka diharapkan benar-benar mewujudkan peran penting Pramuka seperti yang ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 12/2010 tentang Pramuka.

Pramuka merupakan investasi penting pemerintah daerah dalam menyiapkan generasi muda berkualitas yang diharapkan menjadi pemimpin di masa mendatang. Kesiapan ini sangat penting karena tantangan dalam pembinaan generasi muda saat ini makin berat.

"Saya meminta Majelis Pembimbing Cabang yang baru mengevaluasi program kerja dan me-reviewe apa yang sudah dicapai sebelumnya. Lanjutkan program yang belum selesai. Laksanakan kegiatan secara dinamis mengikuti perkembangan yang terjadi," harap Sipet.

Bupati H Supian Hadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kotawaringin Timur, mengatakan, selama ini pemerintah daerah memberi perhatian serius terhadap Pramuka. Anggaran juga terus diupayakan untuk ditingkatkan.

"Kami menyadari Pramuka mempunyai andil dalam pembinaan generasi muda. Selama ini Pramuka juga menunjukkan peran mereka dalam banyak hal dan sangat membantu pemerintah daerah," kata Supian.

Selaku pemimpin daerah, dia mengaku bangga karena Pramuka Kotawaringin Timur terus mempersembahkan prestasi di tingkat provinsi, bahkan nasional. Itu menjadi bukti nyata Pramuka berdampak positif terhadap pembinaan generasi muda di daerah.