Bupati Ini Janji Bantu Bangun Kantor Polres

id Kotawaringin Timur, Polres Kotim, Supian Hadi, Buipati Kotim, Bupati Ini Janji Bantu Bangun Kantor Polres

Bupati Ini Janji Bantu Bangun Kantor Polres

Kapolres Kotim AKBP Hendra Wirawan (kiri) Bupati H Supian Hadi (hem putih) dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri ikut membubuhkan tanda tangan sebagai simbolis dukungan memberantas balap liar, Jumat (23/9/2016). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Pemerintah Kabupaten Kotim sudah lama ingin membantu. Tapi nanti perlu studi banding dan konsultasi dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) supaya tidak jadi masalah,"
Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi berjanji akan mengupayakan bantuan untuk membangun kantor baru Kepolisian Resor (Polres) setempat yang lebih representatif.

"Pemerintah Kabupaten Kotim sudah lama ingin membantu. Tapi nanti perlu studi banding dan konsultasi dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) supaya tidak jadi masalah," kata Supian di Sampit, Sabtu.

Kantor Polres Kotawaringin Timur saat ini berada di Jalan Jenderal Sudirman km 1, tepat berseberangan dengan kantor Bupati. Meski letaknya strategis di sudut bundaran kota, namun luas lahannya relatif sempit sehingga sulit untuk dikembangkan padahal kebutuhan ruang meningkat.

Untuk pengembangan, kantor Polres membutuhkan area yang lebih luas, khususnya halaman yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Selain itu, perlu penambahan ruangan dengan ukuran dan jumlah ruangan yang memadai mewadahi aktivitas personel.

Supian mengaku sudah membicarakan rencana itu dengan Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli. Menurutnya, Jhon juga sepakat sehingga masalah ini tinggal dibahas bersama dalam pertemuan resmi untuk diputuskan.

"Rencananya, di sekitar Bundaran Balanga (Jalan Jenderal Sudirman km 3,5) itu nanti ada kantor Polres, Kodim dan DPRD. Masing-masing 100 meter ke jalur Sudirman arah kota, Sudirman arah Pangkalan Bun dan Sudirman arah Selatan serta Utara. Pemerintah tidak akan mengeluarkan IMB (izin mendirikan bangunan) untuk umum karena akan digunakan untuk fasilitas pemerintah," kata Supian.

Dia mencontohkan kantor Polres Palangka Raya yang saat ini sedang dibangun ulang namun di lokasi yang sama. Supian berharap pemerintah daerah dapat membantu pembangunan kantor Polres Kotawaringin Timur di lokasi yang baru dengan lebih representatif.

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Hendra Wirawan sangat mengapresiasi keinginan itu. Dia mengakui Polres membutuhkan tempat lebih layak bagi kenyamanan pelaksanaan tugas.

"Itu luar biasa. Kita doakan mudah-mudahan bisa terwujud," harap Hendra.

Selain kantor Polres, pemerintah daerah juga memikirkan membantu penataan kantor Polsek Kawasan Pelabuhan Mentaya yang berlokasi di sudut Pelabuhan Sampit.

Lokasinya yang strategis menjadikan kantor itu bagian wajah kota yang pertama kali disaksikan tamu yang datang ke Sampit melalui pelabuhan, kata Supian.