Tindak Pidana Di Barito Utara Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada!

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, Kapolres Roy Sihombing, Kalimantan Tengah, Tindak Pidana Di Barito Utara Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Tindak Pidana Di Barito Utara Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada!

Dokumentasi. Kapolres Barito Utara AKBP Roy Sihombing bersama Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim foto bersama tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di Mapolres setempat di Muara Teweh (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Utara, Kalimantan Tengah AKBP Roy HM Sihombing mengatakan situasi keamanan dan keteriban masyarakat di wilayah setempat kondusif dan terkendali, kendati terjadi peningkatan tindak pidana.

"Dimana selama bulan Agustus lalu jumlah tindak pidana sebanyak 14 kasus dan pada bulan Juli 2016 sebanyak 5 kasus sehingga jumlah tindak pidana mengalami kenaikan sembilan perkara," kata Kapolres Roy Sihombing di Muara Teweh, Senin.

Berdasarkan analisa dan evaluasi kamtibmas bulan Agustus 2016 dibandingkan bulan Juli 2016 yaitu, jumlah tindak pidana bulan Agustus 2016 sebanyak 14 perkara dibanding dengan bulan Juli 2016 sebanyak lima perkara sehingga jumlah tindak pidana mengalami kenaikan sembilan perkara atau kurang lebih 180 persen.

Untuk penyelesaian perkara tindak pidana pada bulan Agustus 2016 sebanyak 11 perkara dibandingkan dengan bulan Juli 2016 sebanyak delapan perkara sehingga mengalami kenaikan tiga perkara atau lebih kurang 37,5 persen.

"Untuk lakalantas pada bulan Agustus 2016 sebanyak tiga perkara dibandingkan dengan bulan Juli 2016 sebanyak tiga perkara sehingga penyelesaian laka lantas tetap atau 100 persen," kata dia.

Menurut Kapolres Roy berdasarkan analisa dan evaluasi tersebut, bahwa situasi kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polres Barito Utara tidak ada mengalami perubahan yang signifikan.

"Akan tetapi perlu adanya peningkatan kinerja dari anggota Polres guna meningkatkan crime clearance dan tetap menekan angka kriminalitas serta peningkatan penyelesaian perkara," katanya.

Dia mengatakan akhir-akhir ini di wilayah hukum Polres Barito Utara telah terjadi tindak pidana pembunuhan yang mana kejadian tersebut sangat meresahkan masyarakat di daerah ini. Untuk itu Kapolres menghimbau kepada seluruh anggota Polres Barito Utara dan masyarakat untuk membantu mengungkap kasus pembunuhan tersebut.

"Gali informasi sekecil apapun di sekitar masyarakat karena pengungkapan kasus pembunuhan ini bukan tugas dan tanggungjawab salah satu satuan fungsi tertentu saja tetapi merupakan tugas kita semua. Laporkan kepada pimpinan apabila anggota atau masyarakat mendapat informasi terkait kasus pembunuhan tersebut,"kata Roy Sihombing.