Ehimne Japan dan Palangka Raya Berkomitmen Tingkatkan Kerjasama Otomotif

id Palangka Raya, Ehimne Japan, Mr Hedazaku Futagami, Palangka Raya, Berkomitmen Tigkatkan Kerjasama

Ehimne Japan dan Palangka Raya Berkomitmen Tingkatkan Kerjasama Otomotif

Vice President Ehimne Motor Corporation Japan, Mr. Hedazaku Futagami dan wakil Wali Kota Palangka Raya saat memeriksa kondisi mobil hibah di kontor BPBD dan Damkar di Palangka Raya, Senin (26/9). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

"Saya rasa kota ini sangat menyenangkan dan kami ingin terus bekerjasama dengan Kota Palangka Raya,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ehimne Motor Corporation Japan dan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama khususnya terkait bidang otomotif.

Vice President Ehimne Motor Corporation Japan, Mr Hedazaku Futagami di Palangka Raya, Senin mengatakan komitmen tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang dilakukan sebelumnya.

"Saya rasa kota ini sangat menyenangkan dan kami ingin terus bekerjasama dengan Kota Palangka Raya," kata Futagami melalui penerjemahnya.

Dia mengatakan sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut pihaknya akan kembali mengupayakan memberikan hibah mobil pemadam kebakan kepada pemerintah kota.

"Sampai saat ini telah ada 100 kendaraan yang kami hibahkan. Sekarang ada alokasi 30 unit namun pembagiannya wewenang pemerintah pusat dan belum ada alokasi untuk Palangka Raya. Namun pada tahap selanjutnya kami akan rekomendasikan agar Palangka Raya dapat," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan usai acara kunjungan dan pemeriksaan kondisi kendaraan hibah dari Ehimne untuk Kota Palangka Raya di kantor BPBD dan Damkar kota setempat.

Pemeriksaan mobil hibah dari Ehimne tersebut dilakukan pada empat mobil pemadam berbagai ukuran dan satu unit mobil ambulan.

Dalam kesempatan itu pemeriksaan tersebut meliputi fungsi alarm, pengeras suara, serta memastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi normal.

"Yang perlu diperhatikan ialah penguasaan penggunaan, pemeliharaan dan pelatihan. Di Jepang setiap pagi dilakukan pengecekan fungsi peralatan. Pengecekan kemudian dilaksanakan dengan uji coba di lapangan," katanya.

Dia mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Palangka Raya yang menurut dia telah menjaga, merawat dan memanfaatkan mobil hibah dengan baik.

Futagami yang mengaku baru pertama kali datang ke "Kota Cantik" ini mengaku bahagia bisa berkunjung di Ibu Kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio yang mendampingi Futagami berharap pertemuan tersebut dapat memberikan gambaran terkait keseriusan Palangka Raya dalam bekerjasama dan merawat seluruh hibah dari pihak Ehimne.

"Manfaat hibah mobil ini banyak mengingat tingginya potensi kebakaran perumahan dan lahan di Palangka Raya. Kami pun berharap kerjasama ini tak hanya sekedar hibah melainkan dapat lanjut pada program dan kegiatan lain," katanya.