Kapolres Ajak Masyarakat Kotawaringin Timur Wujudkan Kedamaian

id kotawaringin timur, polres kotim, kotim damai

Kapolres Ajak Masyarakat Kotawaringin Timur Wujudkan Kedamaian

Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wirawan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat setempat mewujudkan kedamaian agar bisa menjalankan aktivitas dengan tenang dan nyaman.

"Kalau ada kendala, kita selesaikan bersama. Kita luruskan jika ada informasi salah yang beredar. Menjaga keamanan dan ketertiban itu tanggung jawab kita bersama," kata Kepala Polres Kotawaringin Timur AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Senin malam.

Harapan itu disampaikan Hendra dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat di Sampit pada Senin malam. Hadir pula Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf I Gede Putra Yasa, sejumlah camat, Kapolsek dan Koramil.

Pertemuan itu merupakan upaya untuk menjaga situasi agar tetap kondusif. Seluruh masyarakat Kotawaringin Timur yang beragam suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), diminta bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selama ini masyarakat sudah bisa menjaga kondisi daerah sehingga tetap rukun, aman dan damai. Kondisi ini harus terus dijaga dan ditingkatkan agar gangguan yang datang bisa diatasi bersama.

"Jangan mudah terprovokasi maupun memprovokasi yang lain. Kalau ada hal yang rawan, segera koordisikan dengan kami Kepolisian, TNI dan pemerintah daerah sehingga bisa dengan cepat kita atasi bersama," ujar Hendra.

Pihaknya bersama TNI dan pemerintah daerah selalu siap memfasilitasi dan menjadi penengah untuk membantu menyelesaikan jika terjadi permasalahan. Masyarakat pun diharapkan saling menghormati dan menghargai kerukunan selalu tercipta dengan baik.

Hendra mengharapkan masyarakat tidak mengaitkan tindak pidana dengan SARA. Masyarakat diminta mempercayakan penyelesaian tindak pidana kepada pihaknya di Kepolisian yang akan memprosesnya sesuau aturan hukum yang berlaku.