Bupati Ini Tekankan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Turunkan Kemiskinan

id pulang pisau, infrastruktur jalan, bupati pulpis, edi pratowo

Bupati Ini Tekankan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Turunkan Kemiskinan

Bupati Pulang Pisau, Kalteng, H Edy Pratowo (FOTO ANTARA Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan bahwa pemerintah daerah saat ini terus berusaha melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, baik di perkotaan maupun di pedesaan, karena masalah infrastruktur yang kurang memadai menjadi salah satu faktor yang ikut mempengaruhi secara signifikan dalam meningkatkan atau menurunkan angka kemiskinan.
 
"Peningkatan infrastruktur jalan di daerah setempat merupakan salah satu yang menjadi perhatian saat ini. Penanggulangan kemiskinan di beberapa daerah masih terbertur dengan keterbatasan infrastruktur yang masih sulit dilalui kendaraan," kata Edy Pratowo.
 
Dia telah meminta kepada SKPD terkait untuk lebih fokus dalam percepatan pembangunan khususnya infrastruktur jalan setiap tahunnya. Infrastruktur jalan menjadi urat nadi perekonomian tanpa mengesampingkan pembangunan infrastruktur yang lainnya.
 
Berbagai upaya yang dilakukan tersebut, kata Edy Pratowo, tidak terlepas juga untuk membuka keterisolasian daerah-daerah terpencil. Dengan mudahnya akses infrastruktur jalan ini, masyarakat yang ada di daerah-daerah terpencil bisa terjangkau dalam mendapatkan pelayanan serta menggali potensi yang ada di daerah setempat .
 
Selain masalah infrastruktur dalam upaya pengentasan kemiskinan, kata Edy Pratowo, SKPD terkait harus melihat hal-hal yang mendasar. Faktor utamanya adalah dengan melihat sumber-sumber kehidupan masyarakat yang perlu ditata sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat setempat. Pengentasan kemiskinan melalui berbagai program ini, diprioritaskan dengan mempertimbangkan bagaimana upaya dalam penyediaan lapangan kerja.
 
Edy Pratowo juga meminta SKPD di lingkungan pemerintah setempat dirasa perlu melakukan berbagai pendekatan kepada pemerintah pusat. Pendekatan-pendekatan tersebut dilakukan agar mendapatkan anggaran melalui berbagai program dan kegiatan yang mendukung serta mendorong percepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan di daerah setempat.