Hore! Peternak Di Barito Utara Dapat Bantuan 1.000 Ekor Ayam Buras

id Barito Utara, pemkab barut, muara teweh, ayam buras, bantuan 1000 ekor ayam, Setia Budi

Hore! Peternak Di Barito Utara Dapat Bantuan 1.000 Ekor Ayam Buras

Ilustrasi--Ternak Unggas. (FOTO ANTARA/Dedhez Anggara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyalurkan bantuan sebanyak 1.000 ekor ayam buras ke kelompok peternakan yang tersebar di daerah itu.

"Bantuan sebanyak 1.000 ekor ayam dari APBD kabupaten yang disalurkan kepada beberapa kelompok peternakan di empat wilayah kecamatan yakni Teweh Selatan, Gunung Timang, Lahei Barat dan Gunung Purei," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara (Barut) Setia Budi di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Budi, untuk Teweh Selatan disalurkan sebanyak 550 ekor yakni ke Desa Terinsing dengan kelompok usaha bersama, sedangkan Desa Buntok Baru juga disalurkan kepada lima kelompok yakni kelompok kamboja, Ayam Lestari, Mawar, Matahari dan Manuk Ganal.

Kemudian, Kecamatan Gunung Timang sebanyak 100 ekor yang disalurkan kepada Yayasan Pasantren Nurul Rahman di Desa Batu Raya I.

"Kemudian Kecamatan Lahei Barat disalurkan sebanyak 150 ekor yakni Desa Jangkang Baru dengan nama kelompok tani penerima kelompok membagun bersama. Sedangkan untuk Kecamatan Gunung Purei disalurkan sebanyak 200 ekor kepada kelompok tani Mawar Mekar Desa Lampeong," katanya.

Budi mengatakan maksud dari penyaluran bantuan ini ke kelompok tani agar usaha peternakan ayam di daerah ini dapat berkembang, sehingga ke depannya diharapkan Batara tidak tergantung pada pasokan daging ayam dari luar daerah atau kabupaten tetangga untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumsi daging ayam.

Selain itu pihaknya juga telah merencanakan akan melakukan pengadaan pakan kurang lebih 1,5 ton, yang saat ini masih dalam proses.

"Kita harapkan melalui bantuan ayam dan pakan itu dapat meningkatkan usaha peternakan masyarakat di daerah ini," kata Budi.