Cegah Narkoba, BNNK Dan SMKN Muara Teweh Teken MoU

id Barito Utara, Muara Teweh, Barut, Cegah Narkoba, BNNK Dan SMKN Muara Teweh Teken MoU, Narkoba

Cegah Narkoba, BNNK Dan SMKN Muara Teweh Teken MoU

Ketua BNK Barito Utara Ompie Herby dan Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing serta Kepala SMKN 2 Muara Teweh Musleja menandatangani nota kesepahaman (MoU) pencegahan peredaran narkoba di kalangan pelajar, di SMKN 2 Muara Teweh, Kamis. (Istim

Muara Teweh (Antara) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dan Satresnarkoba Polres setempat serta SMKN 2 Muara Teweh melaksanakan MoU untuk bersama-sama melakukan pencegahan peredaran gelap narkoba dilingkungan sekolah.

MoU tersebut dihadiri Ketua BNNK Barito Utara Ompie Herby, Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing, Kepala SMKN 2 Muara Teweh, A Musleja, dewan guru dan Komite sekolah di SMKN 2 Muara Teweh, Kamis.

Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing mengatakan bahwa perkembangan penyelahgunaan narkoba diwilayah hukum Polres Barito Utara seakan tidak ada pernah henti-hentinya.

Walapun secara kontinue pihak Polres bersama BNK Barito Utara dan secara internal telah melakukan pencegahan dan telah melakukan penindakan terhadap para pelaku, namunperedaran masih tetap terjadi.

"Hal itu terjadi karena hukum pasar yang apabila ada permintaan tentu akan terjadi penawaran. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan dan mengantisipasi terjadinya penawaran sebagi tindakan imunisasi mindshet kita, terutama generasi muda untuk mau mengerti tentang bahaya narkoba dan akhirnya mau menolak dan anti terhadap yang namanya narkoba," kata Kapolres Roy.

Sampai saat ini, kata dia, Polres Barito Utara dan jajarannya telah berusaha sekuat tenaga dengan segala keterbatasan SDM serta sarana dan prasarana untuk mengungkap jaringan penyelahgunaan narkoba. Tahun 2016 ini sejak Januari-September sudah mengungkap 36 kasus.

"Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini, karena hal ini juga sangat menjadi atensi pimpinan Polri yang harus dilaksanakan apapun kendalanya. Untuk itu pada kesempatan ini saya mengajak terutama Pemerintah daerah (FKPD dan SKPD melalui Ketua BNK Barito Utara untuk mendukung kegiatan pencegahan ini," kata Kapolres Roy Sihombing.

Sementara, Kepala SMKN 2 Muara Teweh, A Musleja mengatakan saat ini para orang tua, guru dan penegak hukum bahkan semua kalangan masyarakat sangat resah terhadap peredaran narkoba di daerah ini. Bahkan sangat populer dilakangan remaja dan generasi bangsa.

"Oleh karena itu saya mengajak semua unsur yang ada di SMKN 2 Muara Teweh ini berperan aktif dalam mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba khususnya dikalangan siswa dan siswi SMKN 2 Muara Teweh ini, sehingga tidak terjerumus kedalam dunia narkoba," katanya.

Kegiatan ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi keluarga besar SMKN 2 Muara Teweh yang dapat melaksanakan MoU dengan BNK Barito Utara dan Polres Barito Utara.

"Dengan adanya MoU ini diharapkan SMKN 2 Muara Teweh bersih dari narkoba dan menggugah kesadaran siswa dan siswi untuk menyampaikan pesan anti narkoba kepada pelajar lainnya," ujarnya.