Guru PAUD Kotawaringin Timur Raih Prestasi Nasional

id Kotawaringin Timur, guru PAUD, Guru PAUD Kotawaringin Timur Raih Prestasi Nasional, Guru PAUD Kotim

Guru PAUD Kotawaringin Timur Raih Prestasi Nasional

Fida Kristi Manggarani, saat menerima penghargaan Anugerah PAUD tingkat nasional tahun 2016 untuk kategori lomba cipta karya cerita atau dongeng. (Ist)

Sampit (Antara Kalteng) - Seorang guru pendidikan anak usia dini di kabupaten Kotawaringin Timur Fifa Kristi Manggarani berhasil meraih prestasi tingkat nasional dan sekaligus mendapat penghargaan karena telah mengharumkan nama kabupaten tersebut.

"Penghargaan demi penghargaan yang berhasil diraih ini menjadi kebanggaan luar biasa bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Ini membuktikan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik kita tidak kalah bersaing di tingkat nasional," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur Multazam di Sampit, Jumat.

Fida Kristi Manggarani berhasil meraih Juara Harapan pada lomba cipta karya dan seni kategori cerita rakyat. Meski belum mencapai prestasi puncak, namun capaian ini sangat membanggakan karena karya guru PAUD di TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit itu berhasil mengalahkan karya guru PAUD dari daerah lain.

Fida membuat cerita berjudul "Si Otan, Persahabatan yang Indah di Hutan Kalimantan". Cerita ini mengangkat tentang persahabatan binatang dengan latar hutan Kalimantan. Cerita ini membawa pesan moral yang sangat bagus bagi anak-anak.

Penyerahaan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy itu dilaksanakan di Gedung Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (29/9). Penyerahan anugerah PAUD tingkat nasional tahun 2016 dihadiri Ibu Negara Republik Indonesia, Hj Iriana Joko Widodo yang juga merupakan Bunda PAUD Nasional.

Kategori yang diperlombakan dalam Lomba Cipta Karya PAUD 2016 itu yakni pembuatan cerita atau dongeng, cipta karya lagu PAUD, penyusunan buku cerita dalam format e-book dan penyusunan edu_game.

Lomba ini dilaksanakan untuk mendukung program Gerakan Nasional PAUD Berkualitas.

Dalam ajang Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 itu juga diberikan anugerah kepada 5 Bunda PAUD tingkat provinsi, 31 Bunda PAUD kabupaten/kota, dan 10 Bunda PAUD Desa. Para guru dan pegiat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat penghargaan dan apresiasi atas jasa, kerja keras, dan kepedulian mereka dalam mempersiapkan generasi Indonesia berkualitas.

"Kami berharap ini menjadi motivasi bagi guru dan insan pendidikan lainnya untuk berprestasi. Jangan ragu menunjukkan kemampuan karena buktinya kita juga bisa meraih prestasi gemilang. Mari kita wujudkan Kotim Hebat," kata Multazam.

Penghargaan ini menambah kebanggaan Kotawaringin Timur atas prestasi-prestasi yang diraih, khususnya di bidang pendidikan. Beberapa hari lalu, dua siswa SMKN 1 Sampit yakni Mahendra Fajar dan Rahmat Hidayat berhasil menjadi juara Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional 2016.

Dua siswa cerdas itu menjadi juara dengan karya kereka yakni Mobile Children Tracker atau MC Tracker. Aplikasi pada android itu untuk membantu orangtua mengawasi keberadaan anak mereka sehingga sangat bermanfaat mencegah hal negatif dan kejahatan.

Prestasi lainnya ditorehkan Drum Corps Handep Mentaya Praja (DC HMP) binaan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Anggota mereka yakni Arbatina, berhasil meraih juara II lomba Female Individual Colour Guard Contest dalam Kejuaraan International Jember Open Marching Competition 2016.