Tahun Baru Islam Sebagai Momentum Tingkatkan Kerukunan, Kata Bupati Supian Hadi

id Kotawaringin Timur, Bupati Kotim, Tahun Baru Islam, supian hadi

Tahun Baru Islam Sebagai Momentum Tingkatkan Kerukunan, Kata Bupati Supian Hadi

Pawai ta'aruf menyambut tahun baru Islam 1438 Hijriyah di Sampit berlangsung meriah, Jumat (30/9/2016). Umat Islam diajak menjadikan momen pergantian tahun ini untuk lebih mengintrospeksi diri. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalteng, H Supian Hadi berharap tibanya tahun baru Islam 1438 Hijriyah dijadikan momentum untuk meningkatkan kerukunan demi terjaganya kedamaian di tengah masyarakat.

"Kami berharap tahun baru Islam ini membawa kesejukan dan kedamaian, khususnya bagi umat Islam untuk menjaga kedamaian dengan umat semua agama untuk menunjang pembangunan," kata Supian di Sampit, Jumat.

Tahun baru Islam 1438 Hijriyah bertepatan Minggu (2/10) nanti. Namun di Kotawaringin Timur, pawai ta`aruf menyambut tibanya tahun baru Islam dilaksanakan Jumat pagi.

Sekitar 50 kelompok peserta meramaikan pawai yang diberangkatkan dari depan rumah jabatan bupati di Jalan Achmad Yani Sampit. Peserta berasal dari siswa TK, SMP, SMA dan instansi pemerintah daerah.

Masyarakat diajak untuk memperbanyak syukur kepada Allah karena diberi kesempatan hidup hingga saat ini. Syukur atas nikmat ini harus dimaknai dengan melakukan hal-hal positif dan tindakan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat luas.

Secara khusus Supian meminta umat Islam meningkatkan kebersamaan dengan sesama umat dan dengan umat dari agama lain. Kebersamaan itu sangat penting agar kondisi daerah makin kondusif dan pembangunan bisa dilaksanakan dengan baik.

Kotawaringin Timur dihuni penduduk yang sangat beragam latar belakang suku, agama, ras dan antargolongan. Perbedaan ini tidak boleh menjadi pemicu perpecahan, justru harus menjadi perekat persatuan.

"Dengan kebersamaan, kami berharap Kotawaringin Timur menjadi semakin maju dan dan semakin agamis untuk semua agama. Agama apapun kita dukung. Mari kita bersatu membangun daerah yang kita cintai ini," ajak Supian.

Sementara itu, pawai ta`aruf berlangsung meriah dan lancar. Peserta dan masyarakat sangat antusias meski Sampit beberapa kali diguyur gerimis saat pawai berlangsung.