Kader Posyandu Harus Rutin Ikuti Pelatihan

id Sukamara, Kabupaten Sukamara, Windu Subagio, Wakil Bupati Sukamara, Kader Posyandu

Kader Posyandu Harus Rutin Ikuti Pelatihan

Wakil Bupati sukamara H Windu Subagio (dua dari kanan) beserta Kepala SKPD saat mengikuti acara pelatihan kader posyandu. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah H Windu Subagio mengatakan selama ini kader posyandu lebih sering menjadi pelaksana kegiatan saja, bukan pengelola posyandu, oleh karena itu kader posyandu juga harus memahami bagaimana pengelolaan posyandu dengan terus mengikuti berbagai pelatihan. 

"Salah satunya adalah pelatihan kader posyandu yang dilaksanakan pemkab Sukamara melalui  BPMDPP dan KB Sukamara ini sangat baik terutama ilmu dibidang kesehatan yang diperoleh kader posyandu bisa ditransfer kemasyarakat nantinya," kata Windu di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, kader Pos Pelayanan Terpadu  (Posyandu) yang berkedudukan di setiap desa  paling memahami kondisi kebutuhan masyarakat di wilahnya, apabila kalau sudah menerima materi dalam pelatihan ini, diharapankan para kader posyandu ini akan meningkat pemahaman dalam pelayanan kepada masyarakat.

Pelatihan bagi para kader posyandu sangat penting hal ini memiliki tujuan dalam pelaksanaan pengelolaan posyandu, para kader dapat berjalan sesuai petunjuk pelaksanaan.

Selain itu,  pelayan posyandu dapat optimal apabila pejabat terkait  lebih proaktif dalam memperhatikan posyandu, terutama berkaitan dengan kekurangan baik peralatan maupun perlengkapan, seperti makanan untuk balita, harus dipikirkan bersama untuk memberikan solusi terbaik antara kader posyandu dan pejabat terkait kedepannya.

Ditempat yang sama, Kepala BPMDP dan KB Sukamara, Ilham Massora mengatakan ada 75 orang kader posyandu se Kabupaten Sukamara yang mengikuti pelatihan kader Posyandu, yang diharapkan para peserta dapat mengetahui, memahami tentang pengelolaan posyandu baik peran  dan fungsinya serta kebijakan dalam posyandu  desa atau kelurahan masing-masing.

"Pengelola posyandu artinya bukan hanya melaksanakan kegiatan posyandu saja tetapi juga merencanakan kegiatan dan mengaturnya, dimana Kader posyandu sebaiknya mampu menjadi pengelolaan posyandu karena merekalah yang paling memehami kondisi kebutuhan masyarakat diwilayahnya atau didesanya," kata Ilham

"Pelatiahan ini Usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Sukmara melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMD PP dan KB ) untuk lebih meningkatkan kemampuan kader posyandu yang ada disetiap desa sehingga pelayan dapat maksimal," tambahnya