Pembukaan TAFISA 2016 Akan Menarik, kata Hayono Isman

id Pembukaan TAFISA 2016 Akan Menarik, Hayono Isman, Pantai Carnaval, ABC Mal, Taman Impian Jaya Ancol

Pembukaan TAFISA 2016 Akan Menarik, kata Hayono Isman

Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman (ANTARA FOTO/Paramayuda)

Jakarta (Antara Kalteng) - Acara pembukaan The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games atau Olimpiade Olahraga Masyarakat 2016 akan berlangsung menarik, kata Ketua Panitia Pelaksana Hayono Isman.

"Temanya adalah perpaduan antara budaya dan teknologi yang menunjukkan Indonesia hebat. Itu dikemas menjadi sebuah pergelaran oleh Guruh Seokarnoputra," ujar Hayono di Jakarta, Rabu.

Dia melanjutkan, pembukaan Tafisa World Games 2016 direncanakan berlangsung di tepi laut Pantai Carnaval ABC Mal Taman Impian Jaya Ancol. Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka kegiatan internasional yang pertama kali dilangsungkan pada tahun 1992 tersebut.

"Kami ingin mengangkat visi Presiden yang ingin memperkuat sektor maritim Indonesia," kata Hayono.

Adapun upacara pembukaan Tafisa World Games 2016 dilaksanakan pada Sabtu (8/10) mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sampai hari ini, Rabu, peserta yang mendaftar sudah melingkupi 29 provinsi di Indonesia dan 87 negara.

Jumlah itu diyakini masih terus bertambah karena peserta bisa saja datang langsung ke lokasi dan mendaftar untuk mengikuti pertandingan. 

Pada TAFISA 2016 akan dipertandingkan cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di Olimpiade seperti olahraga elektronik ("e-sport), BMX, "skate board" dan panco ("arm wrestling"). Selain itu, ada pula pertunjukan permainan tradisional dari beberapa wilayah Indonesia.

Untuk memeriahkan kejuaraan ini, tuan rumah Indonesia sudah menyiapkan beberapa kegiatan unggulan yang merupakan cabang olahraga asli Indonesia.

Salah satu cabang olahraga yang akan dicanangkan pada TAFISA 2016 adalah poco-poco. Senam yang berasal dari Kabupaten Sangihe Talaud, Sulawesi Utara, ini merupakan tradisi masyarakat yang dilakukan selepas mereka pulang dari ladang/sawah atau melaut sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan dan kepada masyarat yang selalu bergotong royong.

Senam poco-poco ini oleh pemerintah dalam hal ini Kemenpora bahkan dijadikan ikon TAFISA 2016 dengan harapan senam asli Indonesia ini bisa mendunia sama dengan cabang olahraga lainnya.

Lokasi penyelenggaraan Tafisa World Games 2016 dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Beberapa tempat lain yang dijadikan lokasi acara adalah GOR Cempaka Putih, GOR Sunter, GOR Tanjung Priok, Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta International Expo (JIE), Taman Mini Indonesia Indah, dan Pulau Pramuka.