Tingkatkan Rasa Kebangsaan, Kalteng Laksanakan Olimpiade Sambut Hari Pahlawan-HKSN

id Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, Tingkatkan Rasa Kebangsaan, Kalteng, Olimpiade Sambut Hari Pahlawan-HKSN

Tingkatkan Rasa Kebangsaan, Kalteng Laksanakan Olimpiade Sambut Hari Pahlawan-HKSN

Acara kegiatan Olimpiade Sambut Hari Pahlawan-HKSN (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Sosial menyambut Hari Pahlawan Nasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dengan kegiatan lomba olimpiade Pahlawan Indonesia tingkat provinsi.

"Kegiatan olimpiade serdas cermat ini diikuti oleh sejumlah siswa-siswi di Kalimantan Tengah," kata Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Guntur Talajan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis.

Dia menerangkan, diantara tujuan digelarnya olimpiade tersebut dalam rangka meningkatkan rasa kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air.

Selain itu juga untuk menanamkan penghayatan dan mentransformasikan nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan, kesetiakawanan sosial dan rasa kebangsaan yang tebal pada negerasi muda.

Kemudian juga dalam rangka menjadikan generasi muda yang tangguh dan memiliki kreatifitas tinggi serta tidak mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan yang mengarah pada disintegritas bangsa.

"Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial di kalangan generasi muda sehingga mereka mampu menghayati dan mampu melakukan aksi sosial bahkan dapat membantu mengatasi permasalahan bangsa dan negara," kata Guntur.

Terkait rencana peringatan HKSN yang akan dilaksanakan di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini, dia meminta masyarakat setempat termasuk elemen pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

"Seluruh elemen masyarakat harus membangun ingatan yang kolektif sehingga nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial berkehidupan dan berbangsa," katanya.