Kafilah Barut Ikuti 10 Cabang Lomba FSQ Kalteng Di Kapuas

id Barito Utara, Muara Teweh, Barut, Kafilah Barut, Ikuti 10 Cabang Lomba FSQ Kalteng, Di Kapuas

Kafilah Barut Ikuti 10 Cabang Lomba FSQ Kalteng Di Kapuas

Wakil Bupati Barito Utara Ompie Herby dan pejabat setempat foto bersama para kafilah LASQI yang akan mengikuti kegiatan Festival Seni Qasidah di Kuala Kapuas, Kamis (20/10). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kafilah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti Festival Seni Qasidah V tingkat provinsi di Kuala Kapuas yang dijadwalkan berlangsung pada 21-27 Oktober 2016.

"Seni qasidah adalah salah satu seni yang didalamnya berisikan ungkapan puji pujian keapda Allah SWT, shalawat kepada Nabi serta nasehat-nasehat," kata Wakil Bupati Barito Utara (Barut) Ompie Herby saat melepas kafilah dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) setempat di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Ompie seni seperti ini sangat lah tepat, lebih-lebih saat ini kita sedang bekerja keras untuk mengisi pembangunan yang kita bangun sekarang ini adalah manusia Indonesia dengan segala totalitas, peradabannya, kebudayaannya dan pula agamanya.

Kegiatan festival seni qasidah ini dapat diikuti dengan baik dan dengan niat yang baik pula, agar mempunyai nilai ibadah disisi Allah SWT.

"Festival yang diikuti ini tentunya sudah barang tentu mengandung lomba dan dalam setiap lomba akan selalu terjadi persaingan untuk memperoleh kemenangan. Untuk itu saya merasa perlu meminta perhatian dari semua kafilah, agar setiap lomba dapat dilaksanakan dengan spotrif yang tinggi," katanya.

Wabup Ompie mengatakan kegiatan yang dilombakan ini adalah seni yang bernafaskan keagamaan.

"Kalau kita memang dinyatakan menang, maka kemenangan itu harus diperoleh secara terhormat. Dan seandainya kita kalah atau belum berhasil, maka kita harus mau mengakui bahwa yang memperoleh kemenangan tersebut memang tergolong lebih baik dari kita," kata dia.

Dalam kesempatan itu Wabup berpesan agar seluruh kafilah dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat yang tinggi. Utamaka keselamatan dalam perjalanan.

"Jaga kesehatan dan kekompakan antar seluruh kafilah serta jaga dan junjung tinggi adat istiadat dimana saja berada," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, kafilah LASQI Barito Utara mengikuti 10 cabang lomba yaitu qasidah klasik putra dan putri, qasidah kolaborasi, seni hadrah (campuran), bintang vokalis anak-anak putra, bintang vokalis anak-anak putri, bintang vokalis remaja putra, bintang vokalis remaja putri, bintang vokalis dewasa putra dan bintang vokalis dewasa putri.