Gubernur Sugianto Akan Disuguhi Tarian Massal Kolaborasi Di Festival Seni Qasidah

id Kapuas, Kuala Kapuas, Festival FSQ, FSQ Kapuas, Festival Seni Qasidah, Kalimantan Tengah, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Ary Egahni Ben Bahat, Bup

Gubernur Sugianto Akan Disuguhi Tarian Massal Kolaborasi Di Festival Seni Qasidah

Gladi tarian massal kolaborasi Kapuas Barasih yang akan disuguhkan pada malam pembukaan FSQ ke V Kalteng, Jumat (21/10). (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Pada malam pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke V Kalteng yang akan di hadiri Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran dan pejabat tinggi lainnya Sabtu malam, akan disuguhi sebuah tari massal kolaborasi.

Tarian dibawah binaan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas  Ary Egahni Ben Bahat SH ini di ciptakan khusus untuk event akbar FSQ tersebut dengan di beri judul "Kapuas Barasih".

"Ini tarian Islami perpaduan tarian dayak pedalaman dan tari japen melayu ditambah seni hadrah," jelas Meironi selaku penata tari kepada Antara Kalteng di sela kesibukannya melakukan gladi bersih, Jumat

Tarian yang musiknya di tangani Bayu dan Heri Kasanova ini dipersiapkan dengan cukup matang dan didukung dengan lighting agar jadi suguhan yang memukau saat pembukaan nanti. "Kita mempersiapkan diri dengan latihan lebih sebulan lamanya semoga semua bisa terhibur," harap Meironi.

Ditambahkannya, tarian tersebut melibatkan lebih 200 pelajar SMA dan MAN se kota Kuala Kapuas yang bekerja sama dengan sanggar Riak Nyalong. "Sebagian besar bukan berlatar belakang penari, namun berkat ketekunan berlatih akhirnya bisa juga," katanya lagi.

Di akhir tarian direncanakan Gubernur Kalimantan Tengah dan pejabat tinggi lainnya termasuk Bupati akan turun dan berfoto bersama dengan para penari.