Korem Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Dua Kabupaten

id kalimantan tengah, korem panju panjung, danrem panju panjung, pilkada 2017

Korem Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Dua Kabupaten

Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Naudi Nurdika (tengah) bersama penjabat Bupati Barsel Mugeni (dua dari kanan) dan Kapolres Barsel AKBP Yussak Angga (dua dari kiri) dan Dandim 1012 Buntok Letkol Didik Purwanto di ruang kerja Bupati, di Buntok, J

Kita juga melibatkan mitra TNI dari sipil memantau situasi dan kondisi keamanan di sejumlah tempat
Buntok (Antara Kalteng) - Komandan Korem 102 Panju Panjung Kalimantan Tengah Kolonel Arm Naudi Nurdika mengatakan pihaknya akan mengerahkan 300 personil TNI untuk mengamankan pilkada dua kabupaten di provinsi setempat.

"Selain Babinsa, kita juga mengerahkan 300 personil TNI untuk mengamankan Pilkada di Kabupaten Barito Selatan dan Kotawaringin Barat," katanya usai apel kesiapsiagaan Kodim 1012 Buntok menghadapi Pilkada Barito Selatan (Barsel) 2017, Jumat.

Ia mengatakan, adapun jumlah prajurit TNI yang diturunkan ke setiap kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2017 mendatang itu sebanyak 150 orang atau 1 SSK plus.

"Khusus untuk di Barsel, 150 orang tersebut akan ditempatkan di lima titik dan mulai hari ini akan dipencarkan ke lima titik tersebut," kata Danrem 102 Pjg, Kolonel Arm Naudi Nurdika.

Penempatan tersebut guna memudahkan pergerakan saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Dalam penempatannya jumlahnya tidak bisa rata, diurutkan dan diprioritaskan di mana tempat yang paling rawan dan hal itu berdasarkan kajian bersama Polres Barsel. Apabila diperlukan akan dikerahkan di enam kecamatan," kata Danrem.

Personel TNI, menurut dia, hanya menjadi dukungan saja, oleh karena itu jumlahnya tidak sebanyak jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengamanan di TPS sendiri, dilaksanakan oleh Polres bersama Linmas.

Ia menyampaikan, dalam mendukung pengamanan pilkada, pihaknya juga menyiapkan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk melakukan patroli bersama Polres Barsel.

Pihaknya juga menempatkan intelijen dari intel kodim, Korem maupun Kodam dan Badan Intelijen Nasional (BIN) yang berkoordinasi dengan intel Polres secara tertutup untuk memantau situasi keamanan.

"Kita juga melibatkan mitra TNI dari sipil memantau situasi dan kondisi keamanan di sejumlah tempat. Hal itu dilakukan supaya Pilkada Barsel 2017 mendatang berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses," katanya.