Ini Tiga Pola Pengamanan Pilkada Barsel Yang Diterapkan Polres Barsel

id Buntok, Barito Selatan, Kalimantan Tengah, AKBP Yussak Angga, Pilkada Barsel

Ini Tiga Pola Pengamanan Pilkada Barsel Yang Diterapkan Polres Barsel

Satlantas Polres Barsel saat melaksanakan pelatihan tindakan pertama tempat kejadian perkara kecelakaan, di Mapolres Barsel yang lama, di Buntok, Selasa (18/10) (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah, AKBP Yussak Angga mengatakan ada tiga pola pengamanan pemilihan kepala daerah di kabupaten setempat.

"Tiga pola pengamanan tersebut yakni, pola aman, pola rawan satu dan pola rawan dua," kata Yussak Angga usai mengikuti kegiatan apel kesiapsiagaan Kodim 1012 Buntok menghadapi Pilkada Barsel 2017, Jumat.

Ia mengatakan, mekanisme tiga pola pengamanan tersebut disesuaikan dengan kondisi pada saat itu dan pola pengamanan ini berdasarkan surat keputusan dari Kapolri nomor 319.

"Untuk pengamanan kategori aman nantinya akan ditempatkan satu anggota polisi dan enam anggota Linmas di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS)," jelas Kapolres Yussak Angga.

Sedangkan pengamanan pola rawan satu, lanjut dia, akan ditempatkan satu orang anggota polisi, empat anggota Linmas di dua TPS dan untuk pola rawan dua ditempatkan satu anggota polisi dan dua linmas pada satu TPS.

Menurut dia, untuk situasi ini tidak baku dan indikatornya akan dilihat dari lokasi wilayah, kesulitan jaringan dan bagaimana komposisi penduduk serta tingkat kriminalitas, termasuk suasana politik di wilayah tersebut.

"Apabila eskalasinya meningkat, maka kita bersama dengan BKO TNI akan bergeser dengan cepat untuk mengamankan di tempat yang rawan tersebut," jelas Yussak Angga.

Sementara Penjabat Bupati Barsel, Mugeni, mengatakan untuk pengamanan Pilkada ini pihaknya juga akan menurunkan sebanyak 640 anggota Linmas yang akan bergabung dengan pihak Polres.

"Anggota Linmas itu nantinya akan mendapat bimbingan teknis dan arahan dari Polres Barsel supaya mereka bisa siap menjalankan tugasnya," kata dia.

Ia berharap dengan dengan adanya pengamanan yang telah dipersiapkan semua instansi ini, pelaksanaan Pilkada Barsel 2017 mendatang bisa berjalan dengan aman, lancar, tertib dan sukses.