Sip! Pramuka Jadi Mitra Menjaga Kamtibmas Kotawaringin Timur

id kotawaringin timur, pramuka sampit, pramuka, polres kotim

Sip! Pramuka Jadi Mitra Menjaga Kamtibmas Kotawaringin Timur

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Hendra Wirawan berbincang santai dengan anggota Pramuka usai pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Satuan Karyaa Bhayangkara VIII Tahun 2016, Sabtu (22/10/2016). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, bermitra dengan Pramuka untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami sangat terbantu dengan keberadaan Pramuka. Kiprah mereka sudah terbukti membantu Kepolisian dalam mewujudkan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," kata Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Sabtu.

Polres Kotawaringin Timur memiliki komitmen turut membina Pramuka. Selama ini melalui Satuan Pembinaan Masyarakat, Polres secara khusus membina Satuan Karya Bhayangkara.

Sabtu sore, Hendra membuka Pendidikan dan Latihan Dasar Satuan Karya Bhayangkara VIII Tahun 2016. Kegiatan selama dua hari ini diikuti 128 anggota Pramuka dari berbagai sekolah setingkat SMA dari Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Kotabesi dan Mentaya Hilir Utara.

Satuan Karya Bhayangkara binaan Polres Kotawaringin Timur cukup aktif dan pesertanya terus bertambah. Selain tentang kepramukaan, peserta juga diberi bekal tentang keamanan dan ketertiban.

"Mereka ini agen kepolisian di kewilayahan. Mereka turut menjaga kamtibmas dan menginformasikan kalau ada kejadian," kata Hendra.

Sementara itu, peserta tampak antusias mengikuti kegiatan. Namun sebagian rekan mereka harus meninggalkan tempat upacara pembukaan dan dibawa ke ruangan karena merasa pusing.

"Mungkin karena kepanasan saja, tapi kami semua tetap semangat. Kami senang bisa ikut latihan dasar ini," kata Arif, salah satu peserta.