Jelang Pilkada 2017, Banwaslu Kalteng Perketat Pengawasan

id Kalimantan Tengah, Theopilus Y Anggen, Jelang Pilkada 2017, Banwaslu Kalteng Perketat Pengawasan

Jelang Pilkada 2017, Banwaslu Kalteng Perketat Pengawasan

Ketua Bawaslu Kalteng Theopilus Y Anggen (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Pengawas Pemilu Kalimantan Tengah bersama panitia pengawas pemilih memperketat pengawasan pemilihan kepala daerah di dua Kabupaten di provinsi ini pada 2017 mendatang.

"Berdasarkan hasil pemetaan, tingkat kerawanan pilkada berdasarkan dimensi di Kabupaten Barito Selatan masuk nomor urut 27 nasional sementara wilayah Kotawaringin Barat (Kobar) masuk nomor urut 77 nasional. Untuk itu kita akan memperketat pengawasan di dua daerah tersebut," kata Ketua Bawaslu Kalteng Theopilus Y Anggen di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, sejak proses pendaftaran di KPU potensi kecurangan yang dilakukan massa pendukung, tim sukses atau pun simpatisan dapat terjadi, sehingga antisipasi pun harus dilakukan sejak dini.

Memanasnya tensi politik di dua wilayah tersebut juga diprediksi akan terus meningkat setelah KPU masing-masing kabupaten menetapkan pasangan calon bupati/wakil periode 2017-2022 dan memasuki masa kampanye pilkada.

Dia mengatakan, saat ini di dua kabupaten tersebut telah ada tujuh pasang bakal calon kepala daerah.

"Di Kabupaten Kotawaringin Barat ada dua pasangan calon dari jalur partai dan tiga pasangan calon dari jalur independen atau perseorangan. Sementara di Kabupaten Barito Selatan semua pasangan calon berasal dari jalur partai," katanya.

Untuk itu, pihaknya bersama panitia pengawas telah melakukan dan akan terus melakukan pemantauan terhadap setiap tahapan dan aktivitas selama pilkada.

"Harapannya agar pilkada di Kabupaten Kotawaringin Baran dan Kabupaten Barito Selatan tetap berjalan damai, demokratis, jujur dan adil," kata Theopilus.