Barut Kirim 89 Atlet Ikuti PopProv XIV Tingkat Kalteng

id Barito Utara, Nadalsyah, Popprov XIV Tingkat Kalteng, Muara Teweh, Popprov XIV

Barut Kirim 89 Atlet Ikuti PopProv XIV Tingkat Kalteng

Sekda Kabupaten Barut Jainal Abidin bersama pejabat lainnya saat melepas kontingan Barito Utara dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Pelajar tingkat Provinsi (PopProv) XIV Kalteng di Palangka Raya, dihalaman kantor Bupati setempat di Muara Teweh. (

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kontingen Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Provinsi XIV yang dijadwalkan berlangsung di Palangka Raya, 31 Oktober-5 November 2016.

"Penyelenggaraaan PopProv tingkat Kalteng ini merupakan momentum menorehkan prestasi bagi Kabupaten Barito Utara di bidang olahraga," kata Sekretaris Daerah Pemkab Jainal Abidin membacakan sambutan Bupati Barito Utara Nadalsyah saat melepas kontingen di Muara Teweh, Minggu.

Kontingen ini merupakan kumpulan atlet dari beberapa sekolah yang ada dalam kota Muara Teweh dengan mengikuti lomba basket putra putri, tenis meja putra putri, bulu tangkis putra putri, tenis lapangan putra putri, silat putra putri, lari putra putri, lompat jauh putra putri, tolak peluru putra putri dan sepak takraw putra putri.

Menurut Sekda Jainal, event ini sekaligus menjadi sarana pembinaan dan pencarian bibit-bibit atlet yang potensial serta memberikan kesempatan pada atlet-atlet junior untuk mengembangkan keahlian dan kemampuannya.

"Dengan demikian kegiatan ini bertujuan untuk memberikan media, bimbingan dan dukungan kepada para atlet muda dalam berprestasi," katanya.

Hal ini, kata Jainal dikarenakan keberhasilan pembinaan atlet-atlet tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana prasarana latihan, namun juga kesempatan menunjukan kemampuan melalui kompetisi guna menambah pengalaman, penempaan mental, serta mematangkan teknik dan strategi yang telah diberikan oleh pelatih cabang olahraga masing-masing.

Kabupaten Barito Utara mengirim 89 atlet termasuk pelatih dan official untuk mengikuti PopProv XIV tingkat Kalteng di Palangka Raya.

"Sejumlah atlet ini telah melalui seleksi yang ketat. Saya berharap seluruh atlet dapat memperlihatkan kemampuan dan keahliannya secara maksimal dalam kegiatan PopProv XIV tingkat ini. Bertandinglah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang terbaik," jelas dia.

Jainal mengatakan, dalam kompetisi, kemenangan tentulah menjadi harapan yang ngin diraih. Tekad untuk meraih juara juga harus dilakukan dengan nilai-nilai sprtivitas. Karena kalian merupakan atlet duta dari Kabupaten Barito Utara.

"Untuk itu tunjukanlah citra positif selama mengikuti pertandingan, jaga nama baik sekolah dan daerah kita. Apapun hasil yang diperoleh dalam kejuaraan ini patut disyukuri dan dijadikan sebagai kesempatan dalam menambah pengelaman bertanding," jelas Sekda Jainal.

Ketua kontingen PopProv Razikinnor mengatakan, PopProv ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan pelajar di Kalteng, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar.

"Event ini juga dapat mengembangkan minat dan bakat sebagai bentuk puncak pembinaan prestasi olahraga pelajar di Kalteng serta sebagai evaluasi hasil pembinaan olahraga pelajar yang telah dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota," kata Razikinnor yang juga Kepala SMAN 1 Muara Teweh ini.