Pembangunan Harus Libatkan Seluruh Pelaku Usaha, Kata Bupati Marukan

id Lamandau, Bupati Lamandau, Marukan, Nanga Bulik, Pemkab Lamandau, Pembangunan Harus Libatkan Seluruh Pelaku Usaha, Kata Bupati Marukan

Pembangunan Harus Libatkan Seluruh Pelaku Usaha, Kata Bupati Marukan

Bupati Lamandau Marukan (Foto Humas Lamandau)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pembangunan dilakukan dalam rangka menjawab tantangan pembangunan yang masih dibelit oleh berbagai permasalahan fundamental. Seperti, masih adanya angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang belum sesuai harapan, dan sebagainya.

Bupati Lamandau, Ir Marukan, Senin, mengatakan bahwa proses pembangunan harus melibatkan peran aktif seluruh pelaku usaha. Sedangkan pemerintah sebagai fasilitator harus selalu mendukung. Salah satu pembangunan ekonomi yakni berbasis kerakyatan yang tangguh, mandiri dan dinamis.

Dalam rangka mewujudkan ekonomi berbasis kerakyatan, seluruh  sektor baik industri, perdagangan, koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus berbenah mengikuti dinamika ekonomi melalui perumusan dan penciptaan ekonomi kreatif dimasyarakat secara berkesinambungan.

Dikatakannya, pembangunan dibidang infrastruktur terus diupayakan pengembangannya, yang meliputi infrastruktur sumber daya air, transportasi, telekomunikasi, perumahan, pembinaan dan penyehatan lingkungan. Pembangunan infrastruktur khususnya dibidang transportasi, sangat diperlukan.

Terutama, untuk menjembatani kesenjangan dan pemerataan hasil-hasil pembangunan antar wilayah kecamatan dan antar pedesaan serta membuka isolasi wilayah. Infrastruktur jalan akan menjadi stimulasi bagi pengembangan dibidang lain seperti kehutanan, perkebunan, pertambangan, pemerintahan, transmigrasi dan bidang lainnya. 

"Begitu juga dengan bidang sumber daya manusia (SDM), berbagai upaya peningkatan kualitas SDM telah menunjukan kemajuan, tercermin dari meningkatnya beberapa indicator seperti kependudukan, pendidikan dan kesehatan. Membaiknya tingkat pendidikan sangat dipengaruhi oleh meningkatnya partisipasi pendidikan pada semua kelompok usia sekolah dan jenjang pendidikan," jelas Marukan.

Dengan potensi kekayaan yang berlimpah dan dengan pelaksanaan pembangunan yang efisien dan efektif maka akan tercapai kemandirian daerah. 

Sumber daya alam itu dapat diwujudkan dalam bentuk produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi di pasar serta memberikan iklim usaha yang kondusif yang pada akhirnya dapat secara langsung menggerakkankapasitas ekonomi kerakyatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Lamandau.