Lagi! Listrik Di Muara Teweh Kembali Gangguan

id Barito Utara, gangguan listrik, Listrik Di Muara Teweh Kembali Gangguan, PLTMG Bangkanai, listrik padam

Lagi! Listrik Di Muara Teweh Kembali Gangguan

Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Blok Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei Kabhupaten Barito Utara (Ist)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Lisrik menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Muara Teweh dan sejumlah desa di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah kembali mengalami gangguan dan sebagian kawasan pemukiman ada dipadamkan.

"Ditempat kami listrik padam sejak Sabtu (12/11) dinihari hingga siang ini sampai pukul 13.00 WIB masih belum nyala," kata seorang warga Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Irwansyah,Sabtu.

Dia mengakui tidak mengetahui secara pasti apa penyebab gangguan listrik kembali padam padahal kini sudah memakai Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei.

Hal yang sama di ungkapkan warga lainnya, Uncup warga Jalan Semoga Indah Muara Teweh listrik di sekitar tempat tinggalnya sempat padam tengah malam tadi namun sudah nyala sekitar jam 05.00 WIB lewat.

"Kami berharap gangguan listri ini tidak lagi pemadaman bergilir delapan jam nyala dan 8 jam padam diberlakukan kembali," katanya.

Manajer PT PLN Muara Teweh, Tatok Winarko mengakui saat ini sejumlah kawasan terjadi pemadaman listrik karena saat ini pihaknya menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) karena PLTMG masih belum beroperasi setelah terjadi gangguan jaringan transmisi (blackout) di Muara Teweh pada Sabtu (12/11) sekitar pukul 01.15 WIB.

"Listrik padam total akibat jaringan transmisi gangguan saat malam tadi kota Muara Teweh dilanda hujan lebat dan petir," katanya.

Guna mengatasi lamanya padam listrik itu pihak PLN mengoperasikan PLTD sebelum pukul 02.00 WIB sehingga listrik kembai nyala, namun tidak maksimal karena mesin PLTD defisit daya sehingga sejumlah kawasan dilakukan pemadaman.

Tatok mengatakan upaya penormalan untuk kembali ke PLTMG terus diupayakan sejak tengah malam tadi, namun PLTMG Bangkanai saat mau konek atau masuk ke sistem di listrik di Muara Teweh masih gagal atau belum singkron.

"Sehingga pagi tadi harus dipastikan jaringan aman dengan dilakukan survey dan pengukuran. Sampai siang ini kami masih melakukan koordinasi kembai untuk pengoperasian PLTMG dan diharapkan segera beroperasi lagi," kata Tatok Winarko.