Polres Seruyan Gelar Operasi Zebra Telabang 2016

id Seruyan, Polres Seruyan, operasi Zebra, Kuala Pembuang, Pemkab Seruyan, Operasi Zebra Telabang 2016, Kapolres Seruyan AKBP Syahbuddin Nasution

Polres Seruyan Gelar Operasi Zebra Telabang 2016

Polisi Lalu Lintas. (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar Operasi Zebra Telabang 2016 dalam rangka meningkatkan kepatuhan pengendara kendaraan bermotor di wilayah hukum kabupaten tersebut.

Kapolres Seruyan AKBP Syahbuddin Nasution usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Telabang 2016 di Kuala Pembuang, Rabu mengatakan sasaran Operasi Zebra adalah kendaraan roda empat dan roda dua, dengan pengendara yang tidak disiplin.

Termasuk yang tidak dilengkapi surat-surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), ujarnya.

Ia menambahkan, sasaran operasi lainnya adalah pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar, melanggar rambu-rambu lalu lintas dan melawan serta berbagai pelanggaran lainnya.

"Operasi Zebra ini akan dilaksanakan selama dua minggu, dari tanggal 16 sampai 29 November dengan menurunkan 18 personel," katanya.

Mantan Kapolres Seram Bagian Barat Polda Maluku menegaskan, Operasi Zebra sebenarnya mengedepankan penindakan yang bersifat humanis, namun dengan melihat kondisi masyarakat Seruyan, maka petugas akan tetap berupaya untuk memberikan pembinaan-pembinaan dan pembelajaran bagi pelanggar.

"Pelaksanaan Operasi Zebra ini jauh-jauh hari sudah disosialisasikan jauh-jauh hari kepada masyarakat termasuk ke sekolah-sekolah, tujuannya bukan karena aturan, tapi sebenarnya untuk keselamatan pengendara," katanya.

Menurutnya, pelanggaran lalu lintas masih kerap terjadi Seruyan, seperti banyaknya pengendara yang masih melawan arus lalu lintas, padahal jalan yang dibangun sudah banyak yang dua arah.

Kemudian, meskipun masyarakat Seruyan sudah banyak yang mampu membeli kendaraan, namun masih banyak pula masyarakat yang tidak menggunakan helm saat berkendara dengan berbagai macam alasan.

"Karena itu kita harap lewat Operasi Zebra ini, segala macam pelanggaran dapat ditekan, dan kepada pengendara kita mengimbau untuk mentaati aturan dalam berkendara bukan hanya karena ada Operasi Zebra tapi untuk seterusnya demi keselamatan bersama," katanya.