Ini 4 Kecamatan Di Seruyan Rawan Banjir

id Seruyan, pemkab Seruyan, Bupati Seruyan, Wabup Seruyan, banjir

Ini 4 Kecamatan Di Seruyan Rawan Banjir

Ilustrasi - Banjir (Foto Antara Kalteng Kalteng/Rachmat Hidayat)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyebutkan, empat dari sepuluh kecamatan di kabupaten terebut rawan terendam banjir.

"Empat kecamatan rawan banjir, yakni Kecamatan Seruyan Hilir, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kecamatan Hanau dan Kecamatan Danau Seluluk," kata Kepala BPBD Seruyan Arniansyah di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan BPBD Seruyan, empat kecamatan itu tergolong rawan banjir terutama saat musim penghujan karena daerahnya berada di dataran rendah. Bahkan beberapa desa yang ada di empat kecamatan sudah menjadi langganan banjir.

"Karena saat ini kita melihat curah hujan cenderung meningkat, maka BPBD akan terus memantau seluruh wilayah yang rawan banjir," katanya.

BPBD telah mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah rawan banjir untuk selalu waspada. Dengan demikian warga paling tidak bisa menyelamatkan diri ke tempat lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

"Kita juga meminta kepada camat untuk segera melaporkan apabila ada desa yang terkena banjir, sehingga BPBD bisa berkoordinasi dengan instansi terkait agar memberikan bantuan penyelamatan, obat-obatan dan makanan yang dianggap perlu," katanya.

Ia menambahkan, untuk penyelamatan korban banjir seperti perahu karet dan lainnya yang ada di BPBD Seruyan saat ini dalam kondisi baik dan siap dipergunakan kapan saja.

"Personel dan peralatan siap kapan saja, dan kita juga sudah punya stok makanan pokok untuk membantu korban banjir, apabila kurang kita tinggal minta bantuan ke BPBD Provinsi Kalteng," katanya.