Aduh, Lagi-Lagi PNS Dan Honorer Tertangkap Jual Zenith

id Seruyan, Kalimantan Tengah, Kuala Pembuang, Zenith, AKP Triyo Sugiyono, pns jual zenith

Aduh, Lagi-Lagi PNS Dan Honorer Tertangkap Jual Zenith

Ilustrasi - Obat daftar G jenis Zenith (Carnophen). (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah menangkap pegawai negeri sipil dan tenaga honorer di lingkup pemerintah kabupaten tersebut karena diduga bertindak sebagai penjual pil koplo jenis Carnophen atau Zenith.

Kasat Reskrim Polres Seruyan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Triyo Sugiyono di Kuala Pembuang, Kamis mengatakan, oknum PNS yang berhasil diamankan berinisial HLM dan honorer berinisial FAL.

"Keduanya berhasil diamankan dengan barang bukti sebanyak 3.460 butir Zenith," katanya.

Mantan Kapolsek Dusun Hilir Polres Barito Selatan ini menjelaskan, penangkapan keduanya berawal dari informasi yang diberikan masyarakat yang merasa resah dengan peredaran Zenith di Kuala Pembuang.

"Awalnya kita menangkap HLM, lalu setelah melakukan pengembangan kita kembali menangkap FAL yang bertugas sebagai mengambil Zenith untuk dijual kembali oleh HLM," katanya.

Selain keduanya, petugas Polres Seruyan juga berhasil menangkap FHR dan WRD, dua orang karyawan swasta yang diduga menjual Zenith di sekitar wilayah Kuala Pembuang.

Dari tersangka FHR petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu keping Zenith, sedangkan dari tersangka WRD petugas mengamankan barang bukti sebanyak dua boks atau 200 butir Zenith.

Selain pengedar Zenith, petugas juga mengamankan seorang penjual minuman keras jenis Ciu atau arak putih berinisial LKC, dengan barang bukti sebanyak 60 botol ukuran 600 mililiter dan dua jeriken ukuran lima liter yang berisi arak putih.

"Semua tersangka ini kita amankan dalam operasi 1 X 24 jam di sekitar Kuala Pembuang, dan sekarang mereka masih kita amankan di mapolres," katanya.

Ia mengakui, saat ini pihaknya merasa kebingungan untuk mengatasi peredaran Zenith di Seruyan yang seperti tidak ada habisnya. Meskipun Polres Seruyan gencar membasmi peredaran barang haram tersebut, namun hal itu tidak memberikan efek jera pada para pengendara. Bahkan di lapangan saat ini justru bermunculan penjual Zenith baru.

Untuk mengatasi masalah peredaran Zenith di Seruyan tidak bisa hanya dibebankan kepada kepolisian. Namun diperlukan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung tugas kepolisian.

"Kami dari kepolisian akan terus berupaya memberantas narkoba di Seruyan, karena itu kami minta kerjasama dari masyarakat," katanya.