Wah, BI Kalteng Sumbangkan Satu Mobil Kepada PMI

id Kalimantan Tengah, BI Kalteng, Sumbangkan Satu Mobil Kepada PMI, PMI, Setian, Palangka Raya, Bank Indonesia

Wah, BI Kalteng Sumbangkan Satu Mobil Kepada PMI

Plt Kepala KPw BI Kalteng Setian secara simbolis menyerahkan kunci satu unit mobil yang diserahkan kepada Kepala Bagian Pelestarian Pencari Donor Darah Sukarela (P2D2S) UTD PMI kota Palangka Raya Seprerariadie, Kamis (24/11). (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah menyumbang satu mobil jenis kijang box kepada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Palangka Raya.

"Sumbangan mobil ini sebagai upaya meningkatkan mobilisasi petugas PMI dalam melaksanakan tugasnya membantu masyarakat yang ingin menyumbangkan ataupun membutuhkan darah," kata Plt Kepala KPw BI Kalteng yang juga Deputi bidang ekonomi moneter Setian di Palangka Raya, Kamis.

Selain menyerahkan satu mobil, BI Kalteng juga mengadakan donor darah yang telah dilakukan untuk kesekian kalinya.

"Ini kami lakukan juga sebagai upaya membantu memenuhi persediaan darah di beberapa daerah yang mengalami kekosongan," ucapnya.

BI Kalteng pun mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan berbahagia karena masih bisa mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan sebab masih banyak masyarakat yang membutuhkan darah demi kelangsungan hidupnya.

Setian mengatakan target kegiatan donor darah yang dilakukan BI Kalteng sekitar 300 orang dan sebagai ucapan terima kasih diberikan souvenir berupa travel bag, paket susu dan kaos bertajuk Cinta Rupiah.

"Diberikannya kaos bertajuk Cinta Rupiah ini sebagai upaya publikasi dalam mengkampanyekan Gerakan Cinta Rupiah kepada masyarakat," kata Setian.

Kepala Bagian Pelestarian Pencari Donor Darah Sukarela (P2D2S) UTD PMI kota Palangka Raya Seprerariadie mengatakan kegiatan donor darah BI Kalteng sangat membantu memenuhi kebutuhan darah di daerah yang masih mengalami kekurangan persediaan setiap bulannya.

Kebutuhan darah di kota Palangka Raya mencapai angka 400-500 kantung setiap bulannya, namun dari jumlah tersebut pihaknya baru bisa memenuhi sekitar 25 persen dari kebutuhan atau sekitar 100 kantung.

"Kurangnya persediaan darah lebih banyak karena kurang pedulinya masyarakat tergerak memberikan darahnya kepada yang membutuhkan. Instansi pemerintah maupun swasta juga masih banyak yang belum melaksanakan aksi donor darah," kata Seprerariadie.

Dirinya pun berharap sembari mengimbau agar setiap instansi pemerintah maupun swasta di kota Palangka Raya dapat rutin gelar aksi donor darah, setidaknya dilakukan sekali dalam tiga bulan.

"Bagi yang ingin menggelar aksi donor darah untuk bekerjasama dengan UTD PMI Kota Palangka Raya. Syaratnya cukup mudah, yaitu menghubungi dirinya paling lambat tiga hari sebelum kegiatan di nomor 081351806509.(005)," kata Seprerariadie.