Waduh! Bupati Kotim Kecewa Banyak Masyarakat Jadi Penonton Terkait Kebersihan Lingkungan

id Kotawaringin Timur, bupati kotim, supian hadi, Bupati Kotim Kecewa Banyak Masyarakat Abaikan Kebersihan

Waduh! Bupati Kotim Kecewa Banyak Masyarakat Jadi Penonton Terkait Kebersihan Lingkungan

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi (Foto: Instagram Supian Hadi Shd 27)

...Saat kita mengadakan gotong royong secara besar-besaran pekan tadi, ternyata masih banyak yang cuma menonton,"
Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi mengungkapkan kekecewaannya karena masih banyak masyarakat di Sampit yang mengabaikan kebersihan lingkungan.

"Kita sudah beberapa tahun ini mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi membersihkan lingkungan, tapi nyatanya banyak got yang masih kotor. Saat kita mengadakan gotong royong secara besar-besaran pekan tadi, ternyata masih banyak yang cuma menonton," kata Supian di Sampit, Senin.

Menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan, tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Masyarakat harus peduli dan membantu, setidaknya membersihkan lingkungan masing-masing.

Kebersihan di Sampit diakui menurun. Selain terlihat secara jelas, menurunnya kebersihan juga tergambar dari kegagalan Sampit mempertahankan prestasi meraih piala Adipura.

Supian mengajak masyarakat menyadari pentingnya menjaga kebersihan. Lingkungan yang bersih membuat suasana nyaman dan dapat mencegah munculnya berbagai penyakit seperti demam berdarah, diare dan lainnya.

Piala Adipura bukankah tujuan utama pemerintah daerah menggalakkan kebersihan dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan. Hal yang jauh lebih penting adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat serta menjalankan pola hidup sehat.

Supian meminta semua pihak memberi bukti nyata membantu pemerintah dalam menjaga kebersihan dan membangun daerah. Percuma jika hanya mengkritik pemerintah daerah namun tidak memberikan solusi dan bukti nyata.

"Kalau cuma bersuara, anak SD juga bisa. Kalau cuma omong kosong, semua juga bisa. Yang diperlukan itu kerja nyata, walau sekecil apapun," tegas Supian.

Supian bahkan meminta bantuan untuk mengabadikan foto jika ada warga yang membuang sampah sembarangan. Selanjutnya foto dan identitas warga tersebut dan dimuat dalam baliho yang dipasang di Taman Kota Sampit agar menimbulkan efek jera.

Jika masyarakat sudah menjalankan pola hidup bersih dan sehat, maka piala Adipura dan penghargaan lainnya akan datang sendirinya. Seluruh masyarakat harus peduli karena ini untuk kepentigan masyarakat luas.