Keren, Seruyan Kini Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah Sendiri

id Seruyan, Kalimantan Tengah, Kuala Pembuang, Dinkes Seruyan, Mahdiniansyah, Laboratorium Kesehatan Daerah, Laboratorium

Keren, Seruyan Kini Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah Sendiri

Ilustrasi, Aktivitas peneliti di Laboratorium Riset dan Pengembangan di Gedung PT Bio Farma (Persero), di Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/7). (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah telah memiliki fasilitas Laboratorium Kesehatan Daerah yang dapat digunakan untuk melayani masyarakat umum di wilayah tersebut.

"Kita telah memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan sudah dioperasionalkan untuk melayani masyarakat umum," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Senin.

Labkesda milik Pemkab Seruyan yang berada d Kantor Dinkes Seruyan Jalan A Yani Kuala Pembuang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memeriksa kesehatannya. Terutama pemeriksaan sejumlah jenis penyakit yang umum diderita masyarakat.

"Di Labkesda kita bisa melakukan pemeriksaan atau tes darah untuk mengetahui penyakit apa yang kemungkinan kita miliki," katanya.

Ia mengatakan, saat ini yang menjadi kendala dalam operasional Labkesda adalah belum adanya peraturan daerah (Perda) yang mengatur masalah retribusi atau biaya pemeriksaan penyakit lain yang memerlukan pemeriksaan mendalam.

"Saat ini kita hanya bisa melakukan pemeriksaan dengan mengacu pada Perda operasional laboratorium yang lama, yakni khusus untuk pemeriksaan darah," katanya.

Menurut Mahdiniansyah, meski masih terbatas, namun sejauh ini Labkesda sudah dapat beroperasi dengan baik. Karena itu Dinkes mengajak masyarakat, khususnya yang berada di Kuala Pembuang untuk memanfaatkan laboratorium ini sebaik mungkin.

"Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan Labkesda, karena ke depan Labkesda ini bukan hanya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Tapi juga dimaksimalkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah," katanya.