Minggu, 20 Agustus 2017

Ini 5 Hal Yang Harus Kalian Lakukan Sebelum Berusia 30 Tahun

id Ini 5 Hal Yang Harus Kalian Lakukan sebelum berusia 30 tahun, Independent, Jakarta
Ini 5 Hal Yang Harus Kalian Lakukan Sebelum Berusia 30 Tahun
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta (Antara Kalteng) - Betapa menyenangkan saat berusia 20-an, masih muda, bebas, dan belum punya (banyak) kerutan.

Meski masa ketika usia baru menginjak kepala dua terasa membahagiakan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum berusia 30 tahun agar tidak menyesal di kemudian hari, seperti dilansir Independent:


1. Belajar menabung

Saat belum punya banyak uang, menyisihkan sedikit tiap bulan rasanya berat. Bagi sebagian dari kita, yang gajinya kecil namun pengeluaran besar, rasanya mustahil. Tapi bila Anda bisa menabung, meski sedikit, di masa depan itu akan sangat berguna.  

Seorang pria tua baru-baru ini mengungkapkan betapa ia menyesal tidak menabung saat masih berusia 20-an. Dia menjelaskan dirinya saat muda melihat uang sebagai "kesempatan berpesta dan berakhir dengan membuang sebagian besar uang itu."

"Saya berharap bisa kembali ke masa lalu dan melakukan hal itu," tulisnya di Reddit.


2. Menjaga kesehatan

Meski sekarang kita bisa menyantap makanan siap saji tanpa menggemuk, bukan berarti organ dalam tubuh baik-baik saja. Saat metabolisme melambat, rasanya akan sangat sulit keluar dari kebiasaan tidak sehat itu.  

Tentu saja, ada kaum milenial yang mengeluarkan uang untuk keanggotaan gym, minum jus hijau ketimbang makan pizza, tapi banyak di antaranya yang memilih asupan tidak sehat yang perlahan merusak tubuh. Dan jangan lupa sikat gigi karena perawatan gigi itu mahal. Tinggalkan rokok dan pakai tabir surya. Menjadi dewasa itu sulit. 


3. Jangan memaksakan hubungan 

Setiap hubungan yang gagal mengajarkanmu sesuatu, tapi menyesal karena terlalu lama bersama dengan pasangan adalah hal umum yang dialami generasi lebih tua. 

Kadang sulit melihat kapan hubungan harus berakhir dari sudut pandang subjektif, dan tentu saja putus tidak pernah mudah, apalagi bila masyarakat menganggap lajang adalah sesuatu yang buruk dan menyeramkan, tapi Anda tidak akan mau mengenang masa lampau dan menyesal karena kurang mencurahkan fokus pada diri sendiri. Jangan takut putus dengan pacar hanya karena takut menjomblo. 


4. Keliling dunia

Di usia 20 tahunan, mayoritas dari kita bebas komitmen, namun semakin bertambah usia semakin sulit untuk melepaskan diri, berkemas dan berkelana ke ujung dunia.

Tidak sempat melancong saat muda adalah salah satu penyesalan yang umumnya dirasakan oleh generasi tua, dan dengan situasi transportasi terkini, kita sama sekali tidak punya alasan untuk tidak jalan-jalan. Kecuali alasannya adalah karena tidak punya uang.


5. Fokuskan karier Anda

Ada yang bilang Anda akan lebih menyesali sesuatu yang tidak sempat dilakukan ketimbang hal yang sudah terjadi, tidak ada orang yang mau menyesali diri karena tidak mengejar pekerjaan impian ketika masih muda, energik, dan cukup dinamis untuk bisa mewujudkannya jadi karier yang sukses.

Disamping itu, sebagian besar orang gonta-ganti pekerjaan sebelum akhirnya menemukan apa yang ingin mereka lakukan dalam hidupnya. Jadi jika Anda tidak fokus mencari apa yang terbaik, bersiaplah berkutat dengan pekerjaan membosankan selama puluhan tahun.

Anda harus meminta promosi, meningkatkan kemampuan dan mau bekerja keras. Lalu mungkin satu hari nanti, jika Anda memang bekerja dengan baik, Anda bisa menyewa apartemen, bukan lagi kamar kos. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga