Wah, Di Kabupaten Ini Pelanggar Lalu Lintas Malah Diberi Helm Gratis

id Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sampit, Pelanggar Lalu Lintas Malah Diberi Helm Gratis, Helm Gratis, AKP Boni Ariefianto

Wah, Di Kabupaten Ini Pelanggar Lalu Lintas Malah Diberi Helm Gratis

Kasat Lantas Polres Kotim AKP Boni Ariefianto berfoto dengan pengendara yang terjaring razia, Selasa (29/11/2016). Meski dikenakan tilang, namun pengendara itu diberi helm gratis dalam aksi simpatik Satlantas setempat. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, masih melakukan razia di hari terakhir Operasi Zebra 2016, namun beberapa pelanggar yang terjaring malah diberi helm gratis.

"Operasi Zebra juga kami isi dengan aksi simpatik. Mereka yang melanggar aturan kami tilang sesuai aturan, tapi kami tetap melakukan aksi simpatik dengan membagikan helm gratis kepada mereka," kata Kepala Satlantas Polres Kotawaringin Timur, AKP Boni Ariefianto di Sampit, Selasa.

Operasi Zebra 2016 dilaksanakan sejak 16 November lalu dan akan ditutup dengan apel penutupan pada Rabu (30/11). Sepanjang Selasa, polisi masih melakukan razia dengan sistem berburu pelanggar aturan lalu lintas.

Aksi simpatik pemberian helm kepada pelanggar aturan merupakan bentuk pendekatan yang dilakukan polisi kepada masyarakat. Harapannya pelanggar aturan tergugah dan menyadari kesalahan yang dilakukannya sehingga tidak mengulanginya lagi.

Mematuhi aturan berlalu lintas, di antaranya kewajiban menggunakan helm, sangat penting. Bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, dampaknya juga untuk keselamatan pengendara lain.

Sebagian besar kecelakaan lalu lintas diawali oleh pelanggaran aturan. Penggunaan alat keselamatan diri mutlak dilakukan untuk mengurangi risiko fatal jika terjadi kecelakaan.

Satlantas Polres Kotawaringin Timur masih mendata hasil razia dalam dua pekan selama Operasi Zebra. Namun Boni menegaskan tujuan utama Operasi Zebra bukan pada banyaknya pelanggar aturan yang terjaring, tetapi justru untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi aturan lalu lintas.

"Pantauan sementara, kami memperkirakan pelanggar yang terjadi dalam operasi kali ini menurun dibanding sebelumnya. Mudah-mudahan kesadaran masyarakat mematuhi aturan lalu lintas terus meningkat sehingga angka kecelakaan bisa menurun.

Boni menegaskan, meski Operasi Zebra berakhir namun penertiban terus berjalan. Dia mengajak seluruh masyarakat mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.