Bupati Kotim Minta Satgas Saber Pungli Langsung Gerak

id Kotawaringin Timur, Kalteng, Bupati Kotim, Minta Satgas Saber Pungli Langsung Gerak, Satgas Saber Pungli

Bupati Kotim Minta Satgas Saber Pungli Langsung Gerak

Tim Saber Pungli - Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi melantik tim Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar), Rabu (30/11/2016). Masyarakat sangat berharap tim ini bekerja maksimal memberantas pungli. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli yang baru dibentuk di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, diminta langsung bekerja memberantas pungutan liar di kabupaten itu.

"Saber Pungli mempunyai tugas memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja serta sarana dan prasarana yang ada," kata Bupati Kotawaringin Timur, H Supian Hadi saat mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kotawaringin Timur di Sampit, Rabu.

Pembentukan Satgas Saber Pungli sesuai Peraturan Presiden nomor 87/2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Langkah ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang baik dan kesejahteraan masyarakat.

Supian menegaskan, cara kerja Satgas Saber Pungli menekankan pada empat fungsi yakni intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi. Fungsi itu bisa terwujud dengan membangun sistem pencegahan, pengumpulan data dan informasi dari berbagai pihak menggunakan teknologi, mengoordinasikan dan melakukan operasi tangkap tangan.

Satgas Saber Pungli juga bisa memberikan rekomendasi kepada kepala daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungutan liar sesuai aturan perundang-undangan.

"Saya mendorong penuh Satgas Saber Pungli menjalankan tugas dengan baik. Instansi yang tergabung dalam Satgas Saber Pungli diharapkan bekerja secara efektif dan efisien dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap birokrasi fungsi pelayanan publik di daerah ini," harap Supian.

Satgas Saber Pungli diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sambil mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan. Sementara itu, masyarakat diminta berpartisipasi dengan melaporkan jika mengetahui atau menjadi korban pungutan liar.

Satgas Saber Pungli Kotawaringin Timur dipimpin Wakapolres Kompol Bronto Budiono selaku Ketua Pelaksana. Dia dibantu Wakil Ketua Pelaksana I, Sugian Noor, Wakil Ketua Pelaksana II Datman Kataren, Wakil Ketua Pelaksana III Halikinnor, Wakil Ketua Pelaksana IV Kartina Purba, Agus Suryo Wahyudi selaku Sekretaris dan Ipda Arasi sebagai Wakil Sekretaris.

Satgas Saber Pungli juga memiliki kelompok ahli yakni Otter, AKP Muhammad Ali Akbar, Burhanudin, Wim RK Benung dan Mohamad Gadafi. Satgas Saber Pungli juga dilengkapi beberapa kelompok kerja yaitu Unit Intelijen, Unit Pencegahan, Unit Penindakan dan Unit Yustisi.