1.600 Peserta "Ranjah Barataan" Sampit Jajal Medan Gambut

id kotawaringin timur, ranjah bartaan, ranjah bartaan di sampit

1.600 Peserta "Ranjah Barataan" Sampit Jajal Medan Gambut

Persaingan Ketat Crosser - Event trail Ranjah Barataan Part II yang digelar di Sampit, Sabtu (3/12/2016), diikuti lebih dari 1600 crosser daerah, nasional dan internasional. Jumlah peserta melonjak tajam dibanding tahun lalu yang hanya 750 peserta. (

Sampit (Antara Kalteng) - Event trail bebas "Ranjah Barataan Part 2" di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diikuti lebih dari 1.600 peserta dengan menjajal tantangan medan gambut di areal perkebunan dan sungai.

"Antusias peserta sangat luar biasa. Tidak hanya dari semua provinsi di Kalimantan juga ada peserta dari Jawa dan Sulawesi. Bahkan ada tiga peserta asal Swedia. Ini sangat menggembirakan," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Sabtu.

Jumlah peserta tahun ini melonjak tajam dibanding saat "Ranjah Barataan Part 1" pada 17 Oktober 2015 lalu. Saat itu jumlah peserta hanya 750 orang.

Kali ini event trail bebas atau trabas ini dipusatkan di Sampit Water Park. Peserta akan menempuh perjalanan sejauh 87,23 kilometer yang terbagi pada dua zona yakni Mentaya dan Pemandian Bidadari.

Medan yang dilalui cukup berat karena menempuh tanah gambut berlumpur dan sungai. Namun peserta juga disajikan pemandangan berbeda karena rute trail bebas ini juga melewati kawasan perkebunan kelapa sawit.

"Kami berterima kasih atas partisipasi para riders lokal maupun dari luar daerah. Nanti pada Ranjah Barataan 3 nanti, kami menargetkan 2000 peserta dengan hadiah diupayakan 50 unit trail," kata Supian.

Sementara itu, Arsyad, peserta asal Kalimantan Selatan mengaku kembali ikut event Ranjah Barataan Sampit karena tertantang dengan medan gambut di Sampit. Rute jalur trail di Sampit cukup beragam sehingga sangat menarik.

"Medan di sini bervariasi. Kalau di daerah lain kan umumnya gunung atau bukit. Di sini medannya lumpur gambut, tanah keras dan sungai. Ini sangat asyik," katanya.

Acara berlangsung meriah karena panitia juga menyiapkan hadiah. Panitia juga menggelar bazar dan hiburan musik untuk menghibur peserta dan warga yang hadir.