Prabowo Kukuhkan Presiden Jokowi Sebagai "Pendekar Utama"

id presiden jokowi, pendekar utama, prabowo subianto, IPSI

Prabowo Kukuhkan Presiden Jokowi Sebagai "Pendekar Utama"

Presiden Joko Widodo menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama Menteri Pemuda dan Olaharaga, Imam Nahrawi (kedua kiri), Sekkan Pramono Anung, Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat penutupan Kejuaraan Pencak Silat I

Denpasar (Antara Kalteng) - Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Presiden Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat) mengukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai "Pendekar Utama".

Pengukuhan tersebut dilaksanakan dalam acara Kejuaraan Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Lila Bhuana, Kota Denpasar, Bali, Kamis.

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini atas nama keluarga besar pencak silat dunia dan Indonesia, kami mohon Bapak berkenan menerima gelar sebagai pendekar utama pencak silat. Dengan demikian tentunya Bapak akan selalu mengawasi membina dan membesarkan pencak silat di tahun-tahun yang akan datang," kata Prabowo Subianto.

Pendekar Utama merupakan gelar kehormatan dari Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia yang diberikan khusus kepada tokoh-tokoh yang dianggap memiliki karakter pendekar.

Gelar tersebut diberikan atas sumbangsih Presiden Jokowi terhadap pembinaan dan pengembangan pencak silat di Indonesia.

Tokoh yang pernah menerima gelar serupa yakni mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelum dikukuhkan sebagai Pendekar Utama, Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto menyaksikan dua pertandingan pencak silat yakni antara Vietnam melawan Thailand serta Malaysia melawan Belgia.

Presiden saat dikukuhkan menerima keris, sertifikat pengukuhan, dan surat keputusan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) yang diserahkan langsung oleh Presiden Persilat Prabowo Subianto.

Setelah itu Presiden Jokowi kemudian menutup acara Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Gubernur Bali Mangku Pastika, dan Presiden Persilat Prabowo Subianto.

Kehadiran Presiden Jokowi merupakan undangan khusus dari Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Presiden Persilat.

Prabowo sendiri akan menjadi tokoh sentral dalam ajang kejuaraan dunia pencak silat yang diikuti 533 atlet dan official dr 40 negara tersebut.

Untuk kepentingan terkait itulah, Presiden Jokowi hadir dalam kesempatan tersebut.

Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival menjadi ajang kejuaraan pencak silat yang dibagi dalam 24 kategori pertandingan.

Masing-masing kategori terbagi dalam 18 nomor tanding dan enam nomor seni.

Selain kejuaraan, dalam ajang itu ada juga festival pencak silat dari berbagai negara berupa pertunjukkan seni silat.