Jamaah Terkejut, Menteri Pertanian Shalat Jumat di Masjid Agung Kuala Kapuas

id kapuas, menteri pertanian, amran sulaiman, masjid agung al mukarram di kuala kapuas, gubernur kalteng

Jamaah Terkejut, Menteri Pertanian Shalat Jumat di Masjid Agung Kuala Kapuas

Mentan memberikan sambutan singkat seusai melaksanakan shalat Jumat berjamaah di masjid Agung Al Mukarram, Kuala Kapuas, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, dan anggota DPR RI Hamdhani melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Al-Mukaram Amanah Kota Kuala Kapuas, dan kehadiran para petinggi itu mengejutkan jamaah shalat.

Hampir semua jamaah tidak mengetahui rencana kehadiran Menteri dan rombongan hari Jumat ((16/12/2016) itu di masjid kebanggaan warga kota Kuala Kapuas ini. Menteri kelahiran Makassar ini tampak tidak canggung bercampur baur dengan ummat Muslim Kapuas dengan menempati shaf paling depan bersama H Sugianto Sabran maupun Hamdhani.
Di shaf depan juga terlihat hadir Ketua Pengurus Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kapuas, ketua MUI Kapuas dan sejumlah tokoh agama Kapuas lainnya.

"Saya, Menteri pertanian yang baru saja melakukan penanaman padi di Desa Terusan Raya Kecamatan Bataguh bersama bapak Gubernur Kalteng, bapak Handayani, bapak dari Korem juga bapak Bupati,” kata menteri memberikan sambutan seusai melaksanakan sholat jumat berjamaah.

Dirinya  walaupun seorang menteri, lanjutnya, tetapi berasal dari orang sederhana dan petani. "Saya ini orang bisa juga dan dari keluarga sederhana yang hidup keluarga juga petani," cerita Andi Amran Sulaiman sekilas kepada jamaah.

Di hadapan ribuan jamaah pula menteri meminta kepada masyarakat yang memiliki lahan pertanian yang tak dipakai atau lahan tidur, agar ditanami padi.

"Jangan sampai ada lahan tidur tidak termanfaatkan, sebab ini juga pesan dan permintaan Presiden Joko Widodo kepada petani agar memanfaatkan lahan yang tidur untuk pertanian," ucapnya.

Sementara di tempat yang sama Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyatakan akan memberikan bibit kurma sebanyak 8 pohon. "Saya akan kirimkan 8 pohon kurma untuk ditanam di halaman dan sekitar masjid Agung Al Mukarram ini," ucap Sugianto.

Menurutnya, jika ditanami pohon kurma, maka masjid kebanggaan warga masyarakat Kapuas ini akan semakin indah dan megah nantinya.

Usai sambutan, menteri dan Gubernur serta rombongan diserbu jamaah untuk sekedar bersalaman dan foto.