Ini 5 Hal Terheboh Di Jagat Internet Indonesia 2016

id Ini 5 Hal Terheboh Di Jagat Internet Indonesia 2016, lambe_turah, Kirana selebgram bayi, PPAP, Mannequin challenge, Awkarin

Ini 5 Hal Terheboh Di Jagat Internet Indonesia 2016

- (Instagram)

Jakarta (Antara Kalteng) -  Kami menghimpun lima hal yang paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia selama 2016 ini.

No. 5 : Kirana selebgram bayi
Retno Hening sering mengunggah video putrinya yang baru berusia tiga tahun, Mayesa Hafsah Kirana, di Instagram. Video tersebut rupanya disukai banyak orang hingga ia kini memiliki lebih dari 400 ribu pengikut.

Banyak netizen yang melontarkan komentar gemas setelah mendengar Kirana yang sudah pandai berbicara.

Kirana kini tinggal di Oman dan ia kerap berbicara dalam bahasa Inggris khas anak kecil dalam video-nya.

No 4 : PPAP
“I have a pen, I have an apple, uh, apple pen”

Pikotaro sukses membawa imajinasi penonton untuk menggabungkan pulpen dengan apel dan nanas imajiner. Video “Pen-Pineapple-Apple-Pen” pertama kali diunggah pada Agustus lalu dan hingga kini telah ditonton lebih dari 100 juta kali.

Video Kazuhito Kosaka, nama asli sang komedian asal Jepang,  sangat sederhana, memasukkan pulpen ke apel dan nanas imajiner sambil berjoget, semua dalam satu menit. Netizen dari berbagai belahan dunia merespon video itu dengan membuat video parodi, mulai dari berjoget memakai kostum kuning dan syal motif leopard sampai menunjukkan bagaimana bila menggabungkan pulpen dengan apel dan nanas betulan.

Oktober lalu, Pikotaro mengunggah extended version, versi panjang PPAP berdurasi 2:40. 

No. 3 : lambe_turah
Pengguna Instagram dan pembaca berita selebriti di situs berita online pasti tidak asing dengan akun @lambe_turah. Pasalnya, informasi yang beredar di akun tersebut seringkali dikutip untuk menjadi pemberitaan.

Dengan 1,3 juta pengikut di Instagram, akun yang mengklaim bukan haters atau fans artis tertentu ini menginspirasi kemunculan akun-akun serupa sehingga Minceu, panggilan pemilik akun tersebut, harus berulang kali mengunggah gambar berisi klarfikasi ia tidak memiliki akun yang lain.

September lalu, akun ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Linna Teguh, istri motivator Mario Teguh, atas tuduhan pencemaran nama baik.

No. 2 : Mannequin challenge
Video mematung mannequin challenge, diyakini berasal dari sekelompok remaja SMA di Amerika Serikat melalui Twitter. Cuitan tersebut di-retweet lebih dari 4.000 kali dan diikuti dalam berbagai versi.

Para pesohor dunia musik, mulai Paul McCartney hingga Adele turut membuat mannequin challenge versi mereka.Bahkan, Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama turut mematung bersama tim basket NBA Cleveland Cavaliers di Gedung Putih.

Para atlet pun tak ketinggalan mengikuti tantangan ini. Video atlet renang ber-mannequin challenge di dasar kolam renang dapat ditemukan di situs berbagi video.

No.1 : Awkarin
Pertengahan 2016, netizen ramai-ramai mampir ke akun YouTube milik Karin Novilda juga ke Instagram-nya yang bernama @awkarin. Karin, yang baru berusia 19, mendadak menjadi buah bibir dunia maya karena mengunggah video “curhat” kesedihannya putus dari kekasih, juga perisakan yang dialaminya melalui komentar-komentar di foto unggahannya.

Namanya dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia karena video dan foto unggahannya dianggap tidak sesuai dengan usianya yang masih belia.

Meski pun mendapat banyak komentar negatif di dunia maya, ia tidak redup. Ia justru berduet dengan rapper Young Lex dalam “Bad”, yang memicu netizen membuat parodi dan meme dari lagu tersebut. Karin kembali merilis “Candu” pada akhir November lalu.