Maulid Nabi Kapuas Berlangsung Khidmat, Kisahkan Nabi Teladan Sabar Hadapi Ujian

id kapuas, keteladanan nabi dalam sabar menghadapi ujian, mui kapuas, bupati kapuas

Maulid Nabi Kapuas Berlangsung Khidmat, Kisahkan Nabi Teladan Sabar Hadapi Ujian

Ustad Al Ghifari pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid Agung Almukarram, Kuala Kapuas, Kamis malam. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1438 hijriah di masjid Agung Al Muharram Kuala Kapuas berlangsung khidmat dan lancar dengan menghadirkan penceramah ustad Al Ghifari dari Palangkaraya, Kamis malam.

Dalam ceramahnya, ustad yang kerab mengisi acara televisi Kalteng ini menyampaikan beberapa keteladanan Nabi Muhammad SAW yang begitu sabar dalam menerima ujian. Agar menjadi manusia mulia dan bertaqwa selalu ada ujian yang dihadapi, tinggal apakah bisa sabar atau tidak.

"Sabar ada tiga yaitu sabar akan ujian Allah SWT. Kita manusia yang hidup ini pasti akan diuji," ucapnya.

Kedua, lanjut ustad, sabar terhadap ketaatan kepada Allah SWT. Menurutnya banyak yang tidak sabar dalam melaksanakan ibadah demi ketaatan kita kepada sang Khalik, misalnya merasa berat beribadah atau enggan bersedekah padahal ucapnya tujuan hidup itu adalah beribadah dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Berikutnya adalah sabar meninggalkan sesuatu karena Allah SWT. Godaan duniawi sangat tinggi, jika tidak dibentengi dengan keimanan yang kuat maka tentulah kita akan terjatuh dan mendapatkan murka.

"Menjauhi hal haram akan menjadikan kita dekat kepada Allah SWT, begitupun sebaliknya jika lebih dekat dengan hal yang haram maka kita semakin jauh kepada Allah SWT,"  ucapnya.

Menurutnya, peran orang tua dalam menjaga dan membimbing anak-anak dan keluarganya kepada keimanan agamanya sangatlah diperlukan, mengingat minimnya pengetahuan agama akan membuat kesusahan di kemudian hari bagi si anak dan keluarganya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dihadiri juga Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Kapolres Kapuas, Kajari Kapuas, Dandim Kapuas, Ketua MUI Kapuas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan jamaah.

Acara di awali dengan doa maulid oleh semua jamaah dan lantunan ayat suci Alquran yang dibawakan oleh anggota kepolisian AKP Ahmad Supian Kasat Intel Polres Kapuas.