PWI Seruyan Gelar Kegiatan Foto Jelajah

id Seruyan, PWI Seruyan, PWI Seruyan Gelar Kegiatan Foto Jelajah, foto jelajah

PWI Seruyan Gelar Kegiatan Foto Jelajah

Logo PWI (Ist)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan fotografi bertajuk "Jelajah Pesona Bumi Gawi Hatantiring".

"Even ini merupakan yang pertama kali kita laksanakan khusus untuk fotografi," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Seruyan M Yadi di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, sesuai dengan tema "Jelajah Pesona Bumi Gawi Hatantiring", maka kegiatan fotografi yang diikuti jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam PWI akan memotret pesona keindahan wilayah Seruyan dari bebagai sisi, mulai dari keindahan alam, seni, sosial budaya dan lain sebagainya.

"Tahun ini kegiatan foto jelajah akan dilakukan selama beberapa hari mulai Sabtu (24/12) di pusatkan di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya. Ke depan kegiatan foto jelajah ditetapkan menjadi agenda PWI Seruyan yang akan digelar setiap tahun dengan mengambil lokasi berbeda-beda," katanya.

Yadi menilai, sejak dimekarkan dari Kabupaten Kotawaringin Timur pada 2002 silam, berbagai potensi Seruyan khususnya di sektor pariwisata cenderung kurang dipromosikan. Padahal Seruyan yang terletak dibagian selatan Pulau Kalimantan memilki berbagai keunggulan potensi yang tidak kalah bagusnya dengan kabupaten lain di Kalteng.

Seruyan dengan luas wilayah mencapai 16.404 kilometer memiliki berbagai potensi, mulai dari garis pantai terpanjang di Kalteng. Seruyan juga memiliki danau terbesar di Kalimantan dan masuk sebagai satu dari sepuluh danau terluas di Indonesia yakni Danau Sembuluh di Kecamatan Sembuluh.

Seruyan juga memiliki Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya yang ditetapkan sebagai Desa Wisata Budaya Dayak Kalteng, lalu Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kecamatan Hanau, serta wilayah hulu dengan sungai memiliki riam yang dapat dikembangkan sebagai tempat arung jeram.

"Masih banyak lagi potensi lainnya. Namun berbagai potensi tersebut belum tergarap dan dipromosikan secara maksimal sehingga tidak terlalu dikenal masyarakat," katanya.

Foto jelajah diharapkan dapat membantu pemerintah untuk memperkenalkan serta mempromosikan potensi Seruyan kepada masyarakat luas, karena PWI sebagai mitra mempunyai tanggungjawab moral untuk membantu tugas pemerintah sesuai dengan bidang yang dimiliki.

"Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan Seruyan," katanya.