BNK Kapuas Gelar Razia di Jalan Trans Kalimantan, 4 Orang Diamankan

id kapuas, BNK Kapuas, polres kapuas, BNK kapuas gelar razia

BNK Kapuas Gelar Razia di Jalan Trans Kalimantan, 4 Orang Diamankan

Ketua BNK yang juga Wakil Bupati Kapuas Ir H Muhajirin bersama Satnarkoba Polres Kapuas saat lakukan kegiatan razia. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kapuas menggelar razia di jalur Trans Kalimantan Barimba Kapuas Hilir,  Rabu malam, dan berhasil mengamankan 4 orang, yang setelah dites urine di tempat ternyata positif mengonsumsi obat mengandung meta dan barbiturat.

Dari 4 orang itu terdiri atas 2 orang sopir dan 2 penumpang dinyatakan positif mengkunsumsi obat zak adiktif dan ditemukan bong alat penghisap sabu.

Empat orang itu kini menjalani pemeriksaan oleh kepolisian untuk tindakan selanjutnya.

Kegiatan razia yang menyasar para sopir maupun penumpang tersebut dilakukan BNK bekerjasama dengan Satuan Narkoba Polres Kapuas dan Polsek Kapuas Hilir.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BNK dengan menggandeng pihak Polres Kapuas dengan target para sopir angkutan umum maupun pribadi yang melintas di wilayah kita," kata Ir H Muhajirin, Ketua BNK Kapuas yang turun langsung dalam kegiatan.

Razia yang dilaksanakan terhadap para sopir dan penumpang yang melewati wilayah Kapuas adalah satu cara yang dilakukan BNK selain di tempat tempat hiburan atau di berbagai tempat lainnya.  

Para sopir angkutan umum dan sopir pribadi, lanjutnya, diketahui cukup banyak yang mengkonsumsi narkoba saat membawa kendaraannya. "Ini tidak hanya membahayakan dirinya tetapi juga bisa membahayakan orang lain termasuk penumpang yang dibawanya," ucapnya.
 
Biasanya Jenis obat yang dikonsumsi pun beragam dari sabu hingga jenis zenit yang banyak beredar dan mudah didapatkan. Penggunanya dari dewasa hingga remaja.

"Kondisi itu sangatlah memprihatinkan, karenanya kita berusaha terus lakukan antisipasi atau upaya pencegahan," tambahnya.