Hewan Butuh Istirahat, Ragunan Akan Tutup Tiap Hari Senin

id Hewan Butuh Istirahat, Ragunan Akan Tutup Tiap Hari Senin, Taman Margasatwa Ragunan, Ragunan, Wahyudi Bambang

Hewan Butuh Istirahat, Ragunan Akan Tutup Tiap Hari Senin

Jalan Raya RM Harsono dari perempatan TB Simatupang hingga Ragunan ditutup sementara oleh aparat kepolisian menyusul unjuk rasa di depan Kementerian Pertanian,Jakarta, Selasa(3/1). (ANTARA News/Alviansyah)

Jakarta (Antara Kateng) - Taman Margasatwa Ragunan dinyatakan ditutup untuk pengunjung hari ini guna memberikan istirahat kepada hewan setelah banyaknya pengunjung pada libur Tahun Baru 2017.

"Benar, kami tutup untuk memberikan istirahat kepada satwa kami. Biasanya memang tutup setelah enam hari buka, atau satu kali dalam seminggu," kata Wahyudi Bambang Humas Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Selasa.

Penutupan Taman Matgasatwa Ragunan bertepatan dengan sidang keempat kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama yang digelar PN Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Jalan RM Harsono Ragunan.

Kendati demikian, pihak Ragunan membantah bahwa penutupan lokasi wisata hari ini karena ada Sidang Ahok di jalan yang menjadi akses menuju Ragunan.

"Bukan karena ada sidang itu, libur ini memang sudah berlaku sejak tahun 2014," tegas dia.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Miyanto juga mengatakan bahwa Ragunan memang tutup hari ini sehingga pihaknya menutup akses jalan RM Haryono yang mengarah ke Ragunan bertepatan dengan adanya kegiatan unjuk rasa.

"Ragunan ditutup. Waktu perawatan harusnya Senin kemarin, tetapi masyarakat berkunjung karena liburan sehingga hari ini perawatan. Jadi kami alihkan lalu lintas dari perempatan TB Simatupang agar menuju Cilandak Barat," kata Miyanto di lokasi.

Pantauan di lokasi, jalan RM Haryono yang menuju Ragunan di tutup total, sementara arah sebaliknya tetap dibuka kendati ada aksi massa.

Sejumlah calon pengunjung Ragunan yang terdiri dari orangtua bersama anak-anak terlihat kebingungan di pinggir jalan dekat perempatan TB Simatupang karena baru mengetahui Ragunan ditutup selama satu hari melalui pengumuman dari mobil polisi berpengeras suara yang berjaga di perempatan jalan TB Simatupang.